Rabu, 10 April 2013

CERITA DI BALIK NODA, Buku Petunjuk Pada Harta Karun







Judul
:
Cerita di Balik Noda
Pengarang
:
ISBN
:
9789799105257
KPG
:
901130619
Ukuran
:
200 x 135 mm
Halaman
:
248 halaman
Harga
:
Rp 40,000


Membaca sampul bukunya, aku seperti sudah kenal saja. SKSD. Tapi ternyata tebakanku tak meleset setelah menguak isinya. Yup, Cerita Di Balik Noda yang diselenggarakan Rinso di Facebook dan telah tayang di televisi ternyata sudah cetak menjadi buku. Aku cukup familiar dengan judul buku Cerita DiBalik  Noda, karena aku dulu berpartisipasi mengirimkan ceritaku tentang anakku. Namun mungkin karena cerita yang kutulis terlampau pendek, jadi tidak termasuk nominee. ^_^.


Buku ini pantas cetak. Mengabadikan kisah-kisah penuh inspirasi, kisah-kisah pembangkit semangat untuk para ibu dalam mendidik dan membesarkan buah hati mereka yang memang penuh tantangan, perlu kesabaran. Karena pada dasarnya anak-anak banyak yang tidak nakal dalam arti sebenarnya.

Membuka halaman pertama cerita pertama, aku disambut cerita tentang seorang bos yang galak yang kemudian luluh dengan ketulusan dari seorang karyawan baru. Cake yang dibawa dan mengotori bajunya, membangkitkan kenangan tentang almarhum anaknya. Dan berbagi dukanya si bos galak, seperti sedikit membantu mengangkat beban duka yang selama ini menggelayut.

Pada cerita kedua, ternyata tulisan karya bunda Haifa. Danu keponakannya yang semula sangat kaku, berubah menjadi ceria dan mandiri setelah berkenalan dengan kotor dan noda dalam proses pembelajaran kehidupan.

Begitupun pada cerita-cerita selanjutnya. Aku terhanyut membacanya. Bahkan pada beberapa cerita, sempat tersengal nafasku menahan haru. Cerita-cerita yang hampir semua berisi pengalaman para ibu hebat dengan anak-anak yang hebat, yang seringkali mirip dengan peristiwa ibu-ibu lain pada umumnya.

Aku rasa cerita-cerita ini layak dibaca anak-anak, agar mereka dapat memetik hikmah dan inspirasi yang bertebaran didalam buku. Atau untuk anak-anak balita yang belum pandai membaca, bisa jadi semacam dongeng sebelum tidur yang dibacakan orang tuanya.

Cerita “Tulisan di Kain Sprei”, mengajarkan anak untuk memiliki hati yang cantik. Selain itu cerita tersebut mengajarkan untuk menghargai orang lain, bagaimanapun bentuk fisiknya. Pada cerita “Nasi Bungkus Cinta”, anak diajarkan untuk memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, tidak menutup mata pada orang lain yang kurang beruntung. Dan cerita “Celengan”, mengajarkan anak agar berhemat, suka menabung, namun tidak pelit.

Masih banyak cerita-cerita menarik lain dari buku ini. Baik dalam mengatasi kedukaan diri ataupun meringankan kedukaan orang lain. Tentang berbagi, tentang belajar menjadi lebih baik. Isi dari buku ini adalah sebuah harta karun kehidupan yang dirangkum dalam cerita mudah dipahami. Isinya  insyaallah membawa kepada pencerahan. Secerah hati bersih tak bernoda. Berani kotor itu baik, bila membawa kebajikan.

Review ini saya tulis dalam rangka peran serta saya mengikuti Kontes Ngeblog Review Buku “Cerita Di Balik Noda” 15 Maret 2013 – 10 April 2013 yang diselenggarakan oleh KEB



9 komentar:

  1. Jadi inget bocahku, pernah sepulang outbond dia kutanyai, kamu tadi paling seneng tantangan apa? Dia jawab, mandi lumpur! Ya ampuunn... :D
    Btw, sukses yaa mbaaa..

    BalasHapus
  2. Oooh... mba Anik ikutan jg tho dulu? Aku kirim dua dan gak ada yg lolos juga hehe

    BalasHapus
  3. Bukunya mencerahkan ya Anik... Benar2 kumpulan kisah inspirasi yg sesungguhnya

    BalasHapus
  4. Setuju, bagusnya anak2 baca ini ya mbak ...
    Sukses ya mbak Anik :)

    BalasHapus
  5. belum baca :( jadi pengen baca juga aaah....

    BalasHapus
  6. xixi, cerita bos galak juga kubahas, sehati ya kita rupanya

    BalasHapus
  7. aku juga ikut krm cerita rinso tp emang pendek juga.. ga lolos juga hehehe..

    BalasHapus
  8. mbak ela, mbak ade, mbak risa, mbak binta, mbak niar, mbak afin.aamiin.makasih ya. emang bukunya pantas jd salah satu bacaan buat anak-anak.

    mbak dyaning, baca mbak.bagus nih.:D

    BalasHapus
  9. Novices and critical players alike are sure to have a great time playing in} any certainly one of our desk games. Visit casino degree 2 to have a seat and place your bet. Whether you wish to try your luck with the cube or cards, Prairie Meadows is fun find a way to|you possibly can} bet on. To begin the sport, each participant should place an ante 슬롯 wager prior to the Dealer saying "No More Bets". The Player may place an optional bonus wager right now based on the Player's preliminary two cards towards a posted paytable. The outcome of the bonus wager has no bearing on any other wager placed by the Player.

    BalasHapus