Kamis, 08 Desember 2011

Kisah Yu Gayah


Kisah Yu Gayah

Cuaca cerah. Awal hari yang baik untuk mulai yu Gayah berdagang jamu gendong. Dia telah datang pagi-pagi menanti langganannya, ditempat dia biasa berjualan. Dekat pos satpam kantor kontraktor ditepi jalan, tak jauh dari kontrakannya. Tak lama datang pak Jajang,satpam kantor tersebut dari arah kantor.

“Yuk Yah, saya mau jamu pegelinunya segelas dong.” Kata pak Jajang saat mbak gayah menurunkan bakul dagangannya dari gendongannya. Pak Jajang melafalkan yu dengan Yuk.

Sambil tersenyum dia segera menyiapkan jamu dan segera menyerahkan gelas yang telah berisi jamu pada pak Jajang.
“monggo, pak. Pundi sanesipun?”

“Yuk Yah, jangan ngomong pake bahasa planet ah. Aye kaga ngarti. Nanya apaan  sih?”tanya pak Jajang sembari menyesap jamunya diselingi seringai kepahitan.

“anu, yang lain mana. Apa belum pada datang pak?”Tanya yu Yah.

“o.., iya.lha Yuk gayah kan kagak biasanye dateng segini pagi.”kata pak Jajang. “Itu tuh Bu Dyas ama Pak Woko.”lanjutnya sembari melihat kearah kedua teman kerjanya.

“wah..pagi sekali Yu Yah.”kata bu Dyas setengah teriak sembari jalan menghampirinya. Segera dia mengeluarkan gelas plastik bertutup yang biasa dia pakai untuk mewadahi jamu yang dia beli, dan menyerahkan ke yu Gayah.”biasa ya yu, kunyit asem.”lanjutnya.

“aku beras kencur aja Yah.”kata pak woko.”lagi batuk-batuk ni.”

bu Dyas tersenyum kearah pak Woko dan berkata”Pak Woko kayak anak kecil nih. minumnya beras kencur. Ntar nafsu makan lho..”

“Ya nggak papa lah, toh nggak nafsu nambah istri.”sahut pak Jajang.

“Mau nambah istri gimana to Pak Jajang. Gaji belum nambah. Korupsi nggak berani nanggung dosanya.”Jawab Pak Woko sekenanya.

“Nha itu, kalo soal nambah gaji bilang ama Bu Dyas. Kan HRD.”sahut pak Jajang lagi.

“Jangan naik ah. Ntar kalo nambah istri, bisa-bisa saya yang kena marah Bu Woko.” Canda bu Dyas. Kemudian mereka semua tertawa.

“waduh, kok ada acara nambah istri, jangan lah pak. Nggak enak lho poligami.”sahut yu Gayah.

”saya kan pernah dipoligami, dimadu. Makanya saya ke Jakarta, cari tambahan biaya hidup dan melarikan diri dari kesedihan. Tapi saya nggak cerai. Saya minta ijin sama suami mau jualan jamu. Saya bilang, buat bantu-bantu nambah penghasilan.” Lanjutnya sembari mengelap sisa-sisa tetesan jamu disela-sela botol jamunya.

“Wah, baru tau saya.” Kata pak woko.

“kok nggak minta cerai Yu?” Tanya bu Dyas.

“ Saya ngelingi anak, Kebayang kalo saya cerai gimana sedihnya anak saya. makanya saya nggak cerai. Kalo Cuma ngeboti ati saya sendiri, saya pengennya pisah aja.” Tutur Yu Gayah panjang lebar.

“lho pan kagak haram ini poligami. Katanye lebih baek dari pade selingkuh sana-sini.”sahut pak Jajang.

“ wah, saya nggak tau pak Jajang. Yang saya tau, trus saya rasakan itu, dipoligami itu sakit hatinya.” Sahut yu Gayah sembari matanya menerawang jauh.

“Dikasi tau ama suami kalo dia mau nikah lagi aja rasanya udah koyo disamber bledeg. dierrrr!!!..apa lagi pas dia beneran kawin lagi.”mata yu Gayah meredup.

“ Sama tetangga saya sendiri lagi. Masih muda, kinyis-kinyis tapi ora iso opo-opo.manjanyaaa…minta ampun. Apa-apa dituruti.nganti utange bojoku banyak. Lha udah gitu males. Saya yang tiap hari ngurusin keperluan sekeluarga. Malah jadi kayak babunya.”Yu Gayah berujar berapi-api seperti senapan serbu.

“ Akhirnya, saya diajakin tetangga saya ke Jakarta buat jualan jamu. Saya pikir, mungkin memang sebaiknya begitu. Saya bisa dapet duit buat tambahan uang sekolah anak. Saya juga bisa nggak terlalu suntuk dirumah. Nggak lagi liat dia yang manja-manja sama suami saya, juga nggak dijadikan babu.” Runtut mbak gayah cerita.

“lha trus piye Yah?”Tanya pak Woko yang dari tadi menyimak.disampingnya bu Dyas mengangguk mengiyakan. Pengen tahu kelanjutan cerita mbak Gayah.

“setelah saya pergi ke Jakarta, baru suami saya tau gimana rasanya ditinggal saya. Baru suami saya tau saya itu masih berharga. Istri mudanya yang kerjaannya Cuma manja-manja itu beneran nggak iso opo-opo. Pas disuruh ngerjain pekerjaan rumah, ditinggal macul disawah, pas suami saya pulang, ternyata dirumah belum juga ngerjain apa-apa. Suami saya marah sekali, pak. Sampai udah kejadian berkali-kali. Mana sama anak-anak saya galak minta ampun. Pernah nempeleng anak saya yang kecil.sampai berdarah. Akhirnya dia dicerai sama suami saya.”tutup Yu Gayah diselingi wajah lega.

“lha kalo udah nggak ada madunya lagi kok mbak gayah nggak pulang?”Tanya Bu Dyas sembari membetulkan letak jilbabnya.

“Udah terlanjur keenakan dapet duit di Jakarta, bu Dyas. Suami saya juga ngijinin. Makin anak saya besar, biaya sekolahnya kan makin mahal.”sahutnya sembari senyum.”lagian,kalo saya nggak jualan kan kasian para bapak dan ibu  disini. Nggak bisa minum jamu.”canda mbak gayah disambut tawa mereka berempat.

Tak lama, datang pelanggannya yang lain, hingga tak terasa,dagangan jamunya telah habis. Tersenyum mbak Gayah menikmati kebahagiaan saat dagangannya tandas,bersama senyumnya mengenang kepahitan hidup yang telah berlalu.

2 komentar:

  1. Ah, yu Gayah...


    *jalan-jalan nih Mbak :)

    BalasHapus
  2. jalan2 kemana mbak brina. yu gayah ini terinspirasi ama bakul jamu langgananku pas masih di jaga karsa. karena dia suka bercerita tentang hidupnya yang kaya dan penuh warna, aku jd dpt cerita. hanya saja caraku mengolah belum sepinter mbak brina yg bisa menghasilkan karya2 indah. matur suwun sanget mbak brina sampun kersa mampir.^_^

    BalasHapus