Rabu, 21 September 2016

VANILA CUPCAKE WITH DULCE DE LECHE FROSTING




Kapkek ini endues banget. Andalanku buat bekal sekolah. Simple soale buatnya, tapi rasa nggak mengecewakan. Resep ini adaptasi dari resepnya Anna Olson dan NCC antara 2 itulah. Hehehe…toppingnya dicampur dengan dulce de leche. Rasanya jadi gurih milky gimanaaaa gitu. Xixixi…

Yuk cekiprot resepnya.





Vanila Cupcake with Dulce De Leche Frosting

Bahan2 cupcake:
120gr Margarin
150gr Gula kastor
2 butir Telur besar
1 butir telur kecil
200gr Terigu protein sedang atau rendah
1 sdt Baking powder
¼ sdt garam
½ sdt Vanila
150 ml Susu cair

Bahan-bahan cupcake frosting:
300gram softcream
300gram shotning berkualitas
1 kaleng dulce de leche (dari 1 kaleng susu kental manis yang di presto selama 1-1 ½ jam)
50 gram icing sugar yang sudah diayak.

Hiasan di atas frosting :
3 sendok makan dulce de leche.

Cara buat :
1. Panaskan oven 160o celcius,
2. Tempatkan cupcake case di cetakan cupcake.
3. Kocok margarin bersama gula kastor hingga pucat dan lembut. Kemudian masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga merata.
4. Masukkan campuran terigu yang telah diayak bersama garam halus dan baking powder bergantian dengan susu yang telah diaduk bersama vanilla. Secara bergantian/berselang-seling, sedikit demi sedikit. Hingga adonan merata.
5. Masukkan ke dalam cetakan cupcake, dengan menggunakan scoup ice cream hingga ¾ penuh. Panggang selama kurang lebih 18 menit pada suhu 160o celcius
6. Frosting : kocok semua bahan frosting hingga lembut. Gunakan spuit bintang besar terbuka dan spuitkan di atas cupcake. Kemudian tuang dulce de leche secara acak dengan cara masukkan dulce de leche ke dalam piping bag kecil, gunting kecil ujungnya, lalu buatlah garis acak diatas frosting cupcake.
7. Sajikan. Kurang lebih jadi 12-14 cupcake.



untuk dulce de lechenya resepnya aku pilih yang simple dan hemat bahan bakar. 1 atau beberapa kaleng sekaligus susu kental manis. lepaskan labelnya. pilih kaleng yang nggak penyok, nggak karatan dan nggak berlubang. masak denganpanci presure cooker/presto selama 1 jam dari panci mendesis. dengan jumlah air kurleb 10cm diatas kaleng saat kaleng sudah diletakkan di dalam panci. setelah 1 jam. matikan kompor dan biarkan. panci tekan/presto dibuka setelah dingin. 

Bisa sih dipercepat dengan cara mengeluarkan uap air dari panci tekan. katup pengaman yg membuat bunyi berisik saat terjadi proses memasak tadi. saat kompor di matikan dia nggak berisik lagi. ganjal dengan spatula kayu agar dia ngeluarin tekanan uap dari dalam panci. tunggu hingga semua uap keluar hingga bagian pengaman didekat penutup turun. tapi lebih baik nunggu hingga panci dingin sih. karena meski kompor sudah nggak nyala lagi, proses pemasakan masih berlangsung.

11 komentar:

  1. Wah aku baru tahu nih mbak topping dulce de leche. Selain dgn presto apa bisa dgn cara lain mbak? Aku nggak punya presto

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan rice cooker. 5 jam tapi. lama bgt. atau slowcooker

      Hapus
  2. Wuahhhhh berasa harumnya nyampek sini mb ini kapkek hihi
    Aku suka banget ni, apalagi yang krimnya banyakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak nita. pa lagi kalo vanilanya asli ya. makasih ya mampir

      Hapus
  3. Ngilerrt banget liat cupcakesnya. Aku kurang bisa bisa masak mba, tp pengen banget bisa bikin2 kue buat anak2 di rumah. Makasih yaa resepnyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga lagi belajar mbak. yukk. bikin. makasih mbak udah berkunjung

      Hapus
  4. Hmmmm paling suka main ke rumah Maya mbak Anik...penuh resep dan foto yummyy...dah TLD pulaak selamaaat mbaak 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak dwi berkenan. makasih mbak... :*

      Hapus
  5. Hmmmm paling suka main ke rumah Maya mbak Anik...penuh resep dan foto yummyy...dah TLD pulaak selamaaat mbaak 😋

    BalasHapus
  6. Tadinya aku kira karamel biasa mbaa, ternyata dulce de leche!!! Thankyu banget lho mbak resep, terutama how to make dulce de leche nya... :) prakticable banget... :)

    BalasHapus