Jumat, 19 Mei 2017

Sehat Berstamina dengan Jamu Temulawak

Jaman sekarang, jaman yang dituntut serba cepat, dan waktu pun terasa sempit. Namun, karena kepadatan kendaraan di jalanan, terutama jam-jam sibuk, justru menjadi salah satu penghalang kecepatan yang diperlukan. Badan jadi lebih mudah lelah, hingga ditempat kerja atau sekolah, justru menjadi lunglai. Pekerjaan jadi tidak efisien. Bahkan badan jadi mudah sakit. 

Salah satu solusi adalah minum ramuan penambah stamina. Tapi jangan sembarangan memilih ramuan penambah stamina. Karena beberapa ramuan memang terasa instant di badan langsung terasa segar, namun memiliki efek samping. Saat ini kembali marak untuk kembali ke alam atau back to nature. Salah satunya dengan mengonsumsi jamu penambah stamina. Jamu Temulawak.
sumber foto : farming business indonesia

Temulawak yang dengan nama latin dikenal sebagai curcuma xanthorriza, adalah herbal rimpang dengan segudang manfaat dengan warna hampir serupa kunyit. Tanaman yang sepintas mirip dengan tanaman kunyit dan lengkuas ini merupakan tanaman herbal asli Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Kemudian tanaman ini menyebar ke Malaysia, Thailand, Filipina, Cina, Indocina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat, serta beberapa negara di Benua Eropa. 



Tanaman tamulawak ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang gembur dan subur, pada kisaran dataran rendah hingga ketinggian 1500meter dpl, serta pada hutan-hutan tropis. Secara tradisional, masyarakat Jawa banyak menggunakan temulawak sebagai jamu untuk menambah nafsu makan pada anak-anak serta jamu penambah stamina pada orang dewasa.

Apa sih kandungan dari rimpang temulawak itu? Kandungan temulawak itu antara lain protein, karbohidrat, serta minyak atsiri antara lain kamfer, glucosida, tumerol, dan kurkumin. Kurkumin sendiri bermanfaat sebagai anti peradangan sehingga dapat mengobati rematik, juga berperan dalam pengobatan sakit maag, serta anti keracunan empedu. 

Selain itu, temulawak bermanfaat juga sebagai hepatoprotector atau pencegah penyakit hati, serta mampu menurunkan kadar kolesterol, juga sebagai pelancar asi pada ibu menyusui.Manfaat lain dari temulawak adalah sebagai jamu bagi penderita anemia, anti oksidan, pencegah kanker, serta meningkatkan kesehatan ginjal, juga mempercantik kulit.Segudang manfaat dari temulawak itu dapat diperoleh dengan konsumsi temulawak secara rutin dan cukup, atau tidak berlebihan.

Salah satu resep simple jamu penambah stamina adalah sebagai berikut:
ilustrasi oleh anik

Siapkan rimpang temulawak kira-kira satu genggam. Kupas dan cuci bersih.lalu iris tipis-tipis. Siapkan rimpang kencur kira-kira 4 butir. Kupas lalu cuci bersih dan iris tipis.
Siapkan asam jawa yang telah dibersihkan bijinya kira-kira satu sendok teh.
ilustrasi oleh anik

Siapkan gula aren secukupnya, bisa diganti dengan madu sebagai pemanis.
Siapkan sehelai daun pandan, cuci bersih kemudian disimpul.
Air kurang lebih 250 ml.
Sangrai temulawak yang sudah di kupas dan iris tipis tadi bersama kencur.
ilustrasi oleh anik

Haluskan bersama semua bahan kecuali gula aren dan daun pandan.
ilustrasi oleh anik

Rebus air dan daun pandan serta gula aren serta bahan-bahan yang telah di haluskan. Bila tidak memakai madu. Bila memakai madu, masukkan madu saat akan diminum.
ilustrasi oleh anik

Setelah mendidih dan air jadi 200ml, saring. Beri madu bila tidak memakai gula aren. Aduk rata. Siap di sajikan.
ilustrasi oleh anik

Tapi buat saya, seorang ibu dua anak yang lumayan repot kegiatannya, membuat jamu seperti itu sangat menyita waktu. Padahal jamu temulawak itu sangat dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga. Apalagi bila ada order foto atau kue. Butuh stamina lebih, tapi taka da waktu untuk meracik jamu.

tinggal tuang dan aduk

 Dan anak-anak saya pun membutuhkan jamu temulawak yang enak untuk menambah nafsu makan, serta menambah stamina untuk bermain dan belajar giat. Tau sendiri kan beratnya beban anak sekolah jaman sekarang.
Sari Temulawak Herbdrink siap dinikmati dingin. segar

Untung jaman sekarang jaman teknologi maju dan serba cepat ini, ada solusi minum jamu yang praktis serta rasanya enak. Sari Temulawak Herbadrink dari Konimex ini, merupakan jamu instant. Eh, jangan takut dulu sama kalimat instant, instant disini karena tinggal dicampur dengan air panas, atau air dingin, aduk lalu minum. 

karena rasanya enak, anak-anak pun suka
Pengolahan jamu Sari Temulawak Herbadrink ini berteknologi modern berbasis resep tradisional. Jadi tanpa penambahan bahan kimia berbahaya, atau pengawet serta tanpa pewarna buatan. Seduh saja satu sachet Sari Temulawak Herbadrink dengan air hangat, panas, atau dingin, sesuai selera, sebanyak 150ml kurang lebihnya. Aduk, dan sajikan. Rasanya enak dan segar, berbau jamu segar, anak-anak saya pun menyukainya, tanpa muka yang dilipat-lipat saat meminumnya. Tersedia juga yang varian sugar free.


Senin, 15 Mei 2017

Purbasari Daily Makeup

Asyikkk.. dapet hadiah dari purbasari cosmetics. Sebuah two way cake warna natural, eyeliner pen hitam, dan 5 buah lipstick rangkaian Purbasari lipstick color mate.

Saya coba pakaikan pada Ola, dengan dandanan natural. Bedak menempel dengan halus pada muka Ola yang telah dibersihkan. Saya awali dengan membasahi spons, kemudian di peras, sebagai bedak dasar.
Lalu diperhalus menggunakan spons kering untuk aplikasi bedak selanjutnya.  Setelah merata saya gunakan eyeshadow tone natural.
Bedak Purbasari daily series ini merupakan triple action cake. Selain melindungi, juga merawat kulit, karena kandungan UV filter, jojoba oil, serta vitamin E nya.

Setelahnya pengaplikasian eyeliner pen. Enak banget eyelinernya. Ngegarisnya nggak beleber2, cepat kering, serta water resistant. Pemakaian eyeliner ini juga awet karena ketahanannya yg lumayan lama. Ola pakai hanya pada garis mata di kelopak mata atas saja biar tidak terkesan berat.

Kemudian saya aplikasikan pelembab bibir sebelum pemakaian lipstick. Ola menggunakan lipstick mate no. 92. Pink lembut cenderung natural.
Besok kondangan pakai ini ah.. 
Makasih purbasari



Jumat, 12 Mei 2017

Cara Enak Tapi Sehat Konsumsi Serat Keluarga Kita

#itsdeleasyouswaytohaveveggie #veggiefruitpremium #enaktapisehat #itsdeleasyousveggie


Vaggie fruit premium


enak tapi sehat
Serat, salah satu komponen makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia. Namun seringkali terabaikan. Seorang ibu, merupakan ujung tombak penata-laksana gizi dalam sebuah keluarga. Maka seorang ibu harus memahami tata-laksana gizi, termasuk salah satunya pengetahuan kecukupan serat standar. 

Tapi seringkali seorang ibu yang cerdas pun terbentur masalah yang tak mudah dipecahkan. Meskipun begitu, saat telah menjadi seorang ibu, kita tak bisa menyerah begitu saja bukan? Karena ibu yang mana sih yang tak ingin anak-anaknya sehat dan cerdas, suami yang sehat dan kuat, serta diri seorang ibu sendiri yang sehat, cerdas dan cantik. Ya, cantik juga penting bagi seorang ibu, cantik secara sehat. 

Senin, 08 Mei 2017

A Monster Call - Kisah Tentang Sebuah Kerelaan




Film bergenre fiksi fantasi ini mengambil posisi Dark Fantasy Drama. Iya, film drama yang didramatisir dengan kisah fantasi ini benar-benar menggugah hati pemirsanya. awalnya saya pikir bakal disuguhi film petualangan anak kecil bersama monster raksasa berbentuk pohon besar, seperti Groot di film Guardian of the Galaxy. ternyata bukan. 

Film adaptasi dari sebuah novel berjudul sama ini disutradarai oleh J.A Bayona, dibintangi oleh Liam Neeson, Sigourney Weaver, Felicity Jones, Toby Kebbell, dan Lewis MacDougall. Film ini release September 2016.

Selasa, 11 April 2017

Keen Can't Smile Wtihout You Aloclair Plus



Sari awan? Aih, mengganggu sekali. Saya juga nggak mau dan nggak suka menderita sari awan. Makan nggak enak, minum nggak enak, ngomong nggak enak, dan biasanya disertai badan yang agak demam. Apalagi kalau anak-anak yang sakit sariawan. Kemungkinan berat badan turun pada anak sangat besar, karena anak jadi rewel, dan susah makan. Sudah begitu, susah juga mengobati sari awan pada anak.

Selasa, 04 April 2017

SAYAP PEDAS KOREA ALA SASA





Endeus bangettt... besok pengen bikin aygor saus pedas ala korea... ahh.. pake apa? Bumbu dari sasa dong.. simpel
Gak terlalu lama juga masaknya. Bisa direndam malam hari, digoreng esoknya buat satapan atau bekal. Yummy... dari pada jajan, mending bikin sendiri kan??? 
Bahan2.:

Senin, 03 April 2017

Bebas Pusing Cari Tempat Kost dengan Serumah.com



Pernah punya pengalaman nyari kos atau kontrakan dan pusingnya tujuh keliling. Juga cape karena keliling-keliling nyamperin satu rumah ke rumah lain menanyakan kamar kos kosong atau kontrakan kosong? Saya pernah. 

Awal merantau ke Jakarta selulus kuliah, sebenarnya saya tinggal di rumah kakak di kawasan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Dan sebenarnya cukup banyak saudara yang tinggal di Jakarta yang rela menyediakan tempat tinggal untuk anak fresh graduate yang sedang mencari kerja. Hehehe.. alhamdulillah banyak saudara yang baik. 


Tapi masalah tempat tinggal justru datang saat sudah mendapatkan pekerjaan tetap. Ternyata lokasi kerja sangat jauh dari sekian banyak pilihan rumah saudara-saudara saya. Ya iya, masa tiap berangkat dan pulang kerja saya habiskan waktu di jalanan.  Karena jarak tempuh yang jauh dari lokasi tinggal dan tempat kerja. Yang ada hanya kelelahan, nggak gaul, dan jomblo (alasan jomblo mah. Untung sekarang udah nggak jomblo.hehe..). waktu liburan justru dihabiskan untuk beristirahat di rumah. Nggak sempat sosialisasi secara nyata. 

Rabu, 22 Maret 2017

Mewujudkan Mimpi Melalui Shopback


kolase beberapa hasil karya saya
Belanja Modis? Ahay… saya banget.. meskipun belanja online, saya tetap saja modis. Eh, modis di sini maksud saya modal diskon. Bukannya belanja online dengan tetep dandan cyantik ya. Baru bangun tidurpun tetap bisa belanja modis-modal diskon. Hehe.. iyalah. Hampir semua ibu-ibu-eh, semua oranglah- suka mendapatkan harga diskon. Lumayan menghemat uang belanja.

Kamis, 09 Maret 2017

Kafe Kongkow Tempat Kongkow Asyik dan Enak

Kemarin Jumat, mbak Eni Martini si blogger yang juga novelis ngajakin kumpul-kumpul blogger Depok. Lokasinya kebetulan di Resto Kongkow, tak begitu jauh dari rumah. Selepas beres masak buat orang-orang rumah, langsung deh cuss ke lokasinya di Jalan Palakali Kukusan. Tak jauh dari pintu masuk dari belakang Universitas Indonesia. Seperti terlihat di peta di bawah ini.

Map Location Kongkow Cafe
Siang menuju sore itu sudah mulai mendung, dan nekat aja jalan. Untung sudah pakai mantal, dan benar, di tengah jalan selepas Tugu Tanah Baru air seperti mendadak diguyur dari langit. Dan sejenak saya terpaksa berhenti cari tempat teduh. Tapi kok saya tungguin kayaknya hujan gak kelihatan kunjung reda, akhirnya nerobos juga hujan deras. Alhamdulillah Jalan Bungur nggak banjir, jadi nggak balik kanan pulang ke rumah.

Kamis, 12 Januari 2017

Bakmi Mewah-Rollade Saus Carbonara

Hallo, baru mau mulai rajin lagi ngeblog nih. Lumayan lama vacum, deretan kegiatan anak sekolah menuntut mamanya ikut aktif. Setelah itu Liburan.

Eh, tau nggak, meski kami liburan nggak kemana-mana, kami tetep asyik lho kegiatan di rumah bareng anak-anak. membuat bangunan dari balok-balok kecil, mendandani boneka, belajar membuat kartu ucapan cantik, tak lupa belajar life skill.

Mereka membantu mamanya membereskan rumah. bentuk kegiatannya yang sederhana dan ringan saja sih. O, iya. belajar memasak mie, Bakmi Mewah. Mie yang mudah untuk di masak. Anak sulungku yang umurnya baru 9 tahun juga bisa membuatnya.
Petunjuk pembuatan Bakmi Mewah di kemasan karton box Bakmi Mewah bagian belakang.