Selasa, 19 Desember 2017

MenstruTalk, Obrolan Awal Menstruasi Antara Ibu dan Anak



MenstruTalk, Obrolan Awal Menstruasi Antara Ibu dan Anak, Persembahan Sangobion MenstruPain




Sesi awal dibuka dengan sambutan dari direktur PT. Merck Tbk. Mr. Holger Guenzel, betapa Merck mendukung pengenalan siklus bulanan menstruasi yang sehat dan tetap aktif #menstruactive dengan adanya produk Sangobion Femine MenstruPain, yang dibuat dengan bahan-bahan herbal alami.

 

Narsum obrolan : dr. Yoska, Novita Angie, Miss Afi, Miss Lizzy, Ibu Anie, Mr. Holger

lalu dilanjut pemaparan hasil survey Female Daily Network Miss Afi Asegaf. Sangobion Femine #MenstruPain bekerja sama dengan Female Daily Network, salah satu komunitas wanita terbesar di Indonesia, menemukan fakta bahwa Ibu merupakan sumber informasi yang masih tak tergantikan bagi para perempuan mda Indonesia, terutama saat mereka memasuki masa perubahan besar dalam hidupnya. Termasuk di dalamnya adalah saat hari pertama sang anak mengalami menstruasi yang merupakan pertanda memasuki pubertas. Peranan Ibu diharapkan untuk dapat mendampingi dan memberikan edukasi seputar menstruasi dan reproduksi dasar.



Berikut ini adalah hasil survey dari Female Daily Network bulan November 2017 dengan kesimpulan :

Fakta yang mencerminkan kekuatan ikatan antara ibu dan anak ini diperoleh dari survey yang dilakukan di bulan November 2017 kepada lebih dari 1000 remaja perempuan Indonesia. 


sebanyak 70,7% dari remaja perempuan Indonesia memperoleh informasi pertama mengenai menstruasi dari ibu mereka.

Survey juga menemukan fakta 64,7% remaja perempuan Indonesia merasa nyaman untuk berdiskusi mengenai menstruasi dan reproduksi dengan ibu, dan 27,3% diantaranya merasa lebih nyaman untuk membicarakan perihal topik tersebut dengan teman mereka.


Fakta menarik lainnya ditemukan bahwa pengetahuan perihal sanitasi ketika menstruasi (67.7%), fakta dan mitos mengenai menstruasi (65.9%), dan tips untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi (54.9%) menjadi tiga topik utama yang paling dibcarakan ibu dan anak remaja perempuannya.

Survey juga menemukan bahwa 88.3% dari responden yang merupakan remaja perempuan mengaku mengalami ketidaknyamanan saat menstruasi, dimana 67.7% diantaranya mengalami nyeri saat menstruasi.

Ketika mencari solusi dalam menangani menstruasi, para remaja perempuan Indonesia berlari ke ibu mereka (42,5%), sedangkan (38,5%) diantaranya berusaha mencari solusi melalui internet.

puisi anak dan ibu




Sesi berikutnya berupa tinjauan sisi psikologis oleh Miss Lizzy atau Miss Elizabeth Santosa M.Psi, Psi, ACC. Psikoog ahli di bidang perempuan. 

Miss Lizzy menjelaskan, saat memasuki masa pubertas, dimana untuk perempuan ditandai dengan menstruasi. Menstruasi merupakan hal yang besar bagi kebanyakan remaja perempuannya. Diperlukan sosok yang paling dipercaya oleh para remaja untung mendampinginya memasuki masa penting ini. 


Di sinilah peranan ibu yang tak tergantikan dan juga sebagai wujud ikatan antara ibu dan anak perempuannya. Masing-masing ibu dan anak remaja perempuan memiliki wujud ikatan yang beragam. Bagaimanapun juga, tetap diperlukan adanya pembicaraan dari hati ke hati, termasuk membahas seputar menstruasi dan reproduksi. 


Para ibu perlu memperhatikan timing dalam menyampaikan informasi mengenai hal ini kepada anak remaja perempuannya. Para ibu baiknya memulai #MenstruTalk ini sebelum anak mengalami hari pertama menstruasi. Idealnya dimulai dari usia 8 tahun. Apakah tidak terlalu dini? Tidak, karena pembicaraan mengenai menstruasi ini harus dilakukan secara bertahap.


Menurut Onayli dan Erdur-Baker (2013), "ada asosiasi yang kuat antara indicator hubungan ibu dan anak perempuannya termasuk keterhubungan, ketergantungan, dan kepercayaan dalam hierarki dan tingkat ukur kesejahteraan dan kepuasan hidup bagi anak perempuan mereka ketika dewasa nanti."

Hubungan antara ibu dan anak perempuannya merupakan suatu hal yang rumit dan beragam. Ada beberapa ibu-anak yang memiliki hubungan layaknya teman dekat, ada yang berbicara seminggu sekali, ada yang bertemu satu sama lain setiap minggu, ada yang sering bertengkar, ada yang menghindari konflik.


Tips memperbaiki ikatan ibu-anak perempuan :

  • Memulai adanya interaksi. Seorang ibu jangan menunggu anaknya untuk curhat. Berinisiatiflah untuk memulai percakapan. Dari yang ringan-ringan, dengan frekuensi yang sering.
  • Ubahlah diri anda, berubahlah ke arah yang lebih positif.
  • Melihat dari sudut pandang anak perempuanmu. coba dalam visi anak perempuanmu. Sehingga anak menjadi lebih nyaman.
  • Miliki ekspektasi yang realistis. Jangan berharap terlalu banyak bila sebelumnya tak begitu dekat dengan anak. Mulai perlahan-lahan saja.
  • Berkomunikasilah , terkait dengan itu, jadilah pendengar yang aktif. Karena komunikasi adalah percakapan dua arah. Jangan terlalu mendominasi pembicaraan.
  • Memperbaiki kesalahan yang terjadi.
  • Menjadi seorang ibu, harus belajar untuk memaafkan. Agar anak lebih merasa diterima.
  • Menyeimbangkan tingkat individualitas dan kedekatan. Anak yang beranjak remaja juga memerlukan ruang pribadi dan membutuhkan privasi sendiri. Ibu jangan terlalu berekspansi.
  • Jangan terlampau mempermasalahkan adanya perbedaan pendapat antara ortu dan anak.
  • Ibu harus fokus pada apa yang terjadi sekarang.
  • Tetapkan batasan, dan bicarakan bagaimana ibu akan berkomunikasi.



Pada umumnya, perempuan mulai mengalai menstruasi pertamanya ketika berumur 11 atau 12 tahun. Tapi ketika anda menunggu hingga anak perempuan anda menstruasi untuk memulai berbicara mengenai menstruasi, ini sudah terlalu terlambat. Seharusnya ibu melakukan pembicaraan ini sebelum anaknya berumur 8 tahun. (Dr. Lissa Rankin MD (obsgyn))


Kenapa hal itu dikatakan terlambat, karena proses perbincangan tentang menstruasi dan organ reproduksi terhadap anak perempuan, bukanlah perbincangan yang instan. Perlu perlahan-lahan.



Dan apa saja sih yang perlu seorang ibu persiapkan untuk memulai obrolan mengenai menstruasi #menstrutalk


1. Fisik.

  • Ibu harus tahu, mencari tahu informasi mengenai fisik, pengetahuan perubahan badan yang nanti terjadi semisal pertumbuhan pada dada, tumbuhnya bulu pada daerah ketiak dan kemaluan, bau badan yang mulai berbeda dari masa sebelumnya dan sebagainya. Pengetahuan tentang menstruasi, ibu juga harus paham.
  • Apa itu menstruasi, bagaimana prosesnya, sanitasinya, bagaimana penanganannya saat nyeri, dll.  pengetahuan tentang hubungan intim, ini penting karena anak harus tahu, bahwa setelah menstruasi, anak perempuan memiliki resiko kehamilan bila berhubungan intim.  
  • Semua harus dipersiapkan pengetahuan tentang semua itu. Bila perlu, hubungi pakar di bidang terkait. Karena saat ibu mengedukasi anak perempuannya, dirinya sendiri harus paham. Sehingga dengan penuh percaya diri mentrasfer pengetahuannya pada anak. Anak pun akan menerima dengan penuh kepercayaa. 



2. Emosi.

Perubahan hormone dan pencarian identitas diri biasanya mengiringi datangnya menstruasi. Bila anak-anak emosi tanpa tau sebabnya, jangan terlampau dipaksakan untuk mengatakan penyebabnya. Karena besar kemungkinan emosi naik turun timbul karena fluktuasi hormone yang terjadi.


3. Relasional : Meningkatknya Pemaparan.

Jaman sekarang dan anak jaman sekarang, istilah kekiniannya “kids jaman now” sangat rentan dengan paparan konten seksual. Di televisi, film, internet, majalah, serta dari teman-teman sekolahnya sendiri. Sangat perlu bagi seorang ibu tau dengan istilah-istilah kekinian, atau bahkan Bahasa-bahasa mereka untuk dapat memahami mereka.


4. Sosial : Dunia yang Terus Berkembang

Memperluas pertemanan dan aktivitas mereka untuk menyertakan baik perempuan maupun laki-laki.


5. Spiritual : Mempertahankan Koneksi

Saat inilah anak diajarkan nilai-nilai seperti bermain adil, rasa hormat, tanggung jawab, rasa empati, dan nilai2 positif serta nilai moral.

Dan apa yang dapat diharapkan dari anak perempuan remaja (setelah obrolan yang sesungguhnya juga edukasi ibu terhadap anak)?


  • Memahami perubahan yang terjadi karena pubertas
  • Mengembangkan kemampuan mengambil keputusan mengenai tindakan seksual
  • Menyadari akan timbulnya perasaan emosional dan seksual dalam suatu hubungan.
  • Menyadari bahwa seksualitas dapat menjadi sumber kebahagiaan dan bagai mana mencari saluran positif.
  • Memahami nilai yang dipengang keluarga untuk menuntun dalam hal yang terkait dengan seksualitas.



*. (sangat penting bagi kita untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian seks dan seksualitas, karena sering kali, dua pengertian tersebut digunakan secara salah kaprah dalam kehidupan sehari-hari. Seks adalah perbedaan badani atau biologis perempuan dan laki-laki, yang sering disebut jenis kelamin (Ing: sex). Sedangkan seksualitas menyangkut berbagai dimensi yang sangat luas, yaitu dimensi biologis, sosial, psikologis, dan kultural. Seksualitas dari dimensi biologis berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin, termasuk bagaimana menjaga kesehatan dan memfungsikan secara optimal organ reproduksi dan dorongan seksual. Seksualitas dari dimensi psikologis erat kaitannya dengan bagaimana menjalankan fungsi sebagai makhluk seksual, identitas peran atau jenis, serta bagaimana dinamika aspek-aspek psikologis (kognisi, emosi, motivasi, perilaku) terhadap seksualitas itu sendiri Dari dimensi sosial, seksualitas dilihat pada bagaimana seksualitas muncul dalam hubungan antar manusia, bagaimana pengaruh lingkungan dalam membentuk pandangan tentang seksualitas yang akhirnya membentuk perilaku seksual. Dimensi kultural menunjukkan perilaku seks menjadi bagian dari budaya yang ada di masyarakat)sumber :pkb-dyi.info



Apa yang sebaiknya seorang ibu tidak lakukan?

  • Mengabaikan perasaan romantic atau lalai dalam mengekspresikan empati ketika tumbuhnya perasaan tersebut kepada orang lain.
  • Bereaksi terhadap perubahan emosional. Sebaiknya tetap tenang dan tawarkan stabilitas.
  • Mengkritik orang lain yang memiliki nilai-nilai seksual yang berbeda dengan anda.
  • Merendahkan orang lain berdasarkan prasangka dan stereotip.
  • Mengabaikan kekuatan dari tekanan sosial dan dampaknya bagi anak anda.



Sesi berikutnya dari dr. Yoska Yasahardja, selaku Medical Manager Consumer Health PT. Merck Tbk.

Dokter Yoska menjelaskan tentang siklus bulanan menstruasi yang terbagi dalam 4 periode sebagai berikut.



Periode-periode tersebut dibuat dalam bentuk gelang sebagai wujud kalender siklus menstruasi. #menstrubracelete masing-masing manik-maniknya mewakili jumlah hari masing-masing periode. 
  • periode merah berkisar antara 4-6 hari dengan jumlah manik yang sesuai.
  • periode putih antara 7 harian dengan jumlah manik yang sesuai
  • periode pink kisaran 7 hari. puncak masa subur kurang lebih berada di antaranya. 
  • periode hitam kisarannya 5-7 hari dengan jumlah manik yang sesuai.

Menstrubracelet


Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan saat menstruasi, dokter Yoska memberikan tips dan saran sebagai berikut :

  • Tetap teratur berolahraga
  • Relaksasi
  • Memperhatikan asuan makanan, perbanyak makanan yang mengandung zat besi.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari kafein dan makanan yang banyak mengandung garam. hal ini karena garam membuat kondisi badan semakin membengkak karena banyak kandungan air yang tertahan di badan.
  • Perbanyak sayur dan buah yang akan meningkatkan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

 
Sangobion Femine MenstruPain adalah kapsul herbal terstandar yang bisa membantu mengatasi nyeri yang biasanya menyertai saat haid.

Berikutnya dr.Yoska memberikan panduan pertanyaan dan jawaban (Q & A) yang paling sering di tanyakan :

Apa yang dimaksud dengan masa pubertas/remaja?

  • Masa transisi antara anak-anak dan dewasa. Periode ini biasanya ditandai dengan perubahan fisik, emosi dan psikologi. Perubahan fisik dapat terlihat dari terutama dari perubahan organ seksual, perubahan tinggi dan berat badan serta karakter fisik lainnya.

Mengapa hanya perempuan yang mengalami menstruasi?

  • Baik perempuan dan laki-laki mengalami perubahan memasuki masa pubertas. Untuk perempun, perubahan yang terjadi adalah mengalami menstruasi. Artinya secara fisiologis dan hormone, seorang perempuan dapat hamil dan memiliki anak. Menstruasi terjadi karena adanya perubahan pada Rahim, bagian tubuh yang hanya dimiliki wanita.


Kapan menstruasi mulai terjadi? Apakah perempuan akan menstruasi terus sepanjang hidupnya?

  • Tidak ada yang bisa memastikan secara pasti kapan menstruasi pertamanya akan terjadi. Namum umumnya menstruuasi terjadi rata-rata pada umur 12 tahun. Perempuan tidak akan mengalami menstruasi terus sepanjang hidupnya. Umumnya di usia 45-51 tahun, perempuan akan berhenti menstruasi dan tidak dapat hamil lagi setelahnya.

Apakah akan terasa sakit selama menstruasi? Apa yang harus dilakukan selama menstruasi?

  • Olah raga ringan semampunya, makan-makanan bernutrisi, istirahat yang cukup, mengompres perut dengan air hangat, dan minum jamu atau herbal, merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan selama menstruasi. Selain itu gunakan pembalut atau tampon selama menstruasi. Ganti pembalut atau tampon setidaknya 4-8 jam. Buang pembalut bekas pakai dengan benar untuk menghindari penyebaran bakteri.


Apakah menstruasi akan terjadi setiap bulan diwaktu yang sama? Bagaimana jika perempuan melewatkan periode menstruasinya?

  • Menstruasi pada umumnya akan terjadi setiap bulan. Namun belum tentu di waktu dan tanggal yang sama. Masing-masing perempuan memiliki waktu siklus menstruasi yang berbeda. Pada umumnya 28 hari kadang-kadang 21 hingga 30 hari. Ada kemungkinan perempuan melewatkan periode menstruasinya, karena menstruasi dipengaruhi oleh makanan dan stress atau ada kemungkinan sudah terjadi kehamilan.

Apakah akan terjadi perubahan mood, selera makan dan emosi saat menstruasi terjadi?

  • Saat menstruasi akan terjadi naik turunnya hormon yang tentunya akan mempengaruhi perubahan mood, selera makan dan emosi.

Apakah ketika menstruasi, badan akan berbau karena mengeluarkan darah?

  • Badan tidak seharusnya berbau apabila menggunakan pembalut atau tampon. Gunakan pembalut bersih, dang anti bila telah 4 jam atau telah terasa tak nyaman.


Apaah ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan ketika mengalami menstruasi?

  • Setiap perempuan harus mengerti bahwa mereka tetap bisa aktif selama menstruasi, selama merasa nyaan melakukannya. Contohnya jika ingin berenang, tetap bisa dilakukan dengan menggunakan tampon. Namun harus memastikan bahwa kamu merasa nyaman dana man melakukannya. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi adalah sanggama (berhubungan suami istri). *untuk yang belum secara sah sebagai suami istri menurut agama dan keyakinan masing-masing juga tidak boleh bersanggama.(penulis)


Ibu Anie Rachmayani, Associate Marketing Director Consumer Health, PT Merck Tbk menjelaskan, dalam memperingati Hari Ibu Nasional, Sangobion Femine MenstruPain turut mendukung peran penting para Ibu Indonesia, sebagai sumber informasi bagi anak remaja perempuannya. Terutama seputar menstruasi dan reproduksi. Melalui sesi #MenstruTalk ini yang merupakan rangkaian kampanye #Menstruactive. 



Kampanye #menstruactive sendiri, merupakan kampanye yang mengajak para wanita Indonesia untuk tetap aktif beraktivitas meskipun sedang menstruasi. Kebayangkan, bagi para wanita yang tengah menstruasi bagaimana nyeri bulanan, dan rasa lemas, lesu, serta badmood saat menstruasi. Kampanye ini, bertujuan mengedukasi wanita agar keluhan saat menstruasi bisa diatasi atau dikurangi. Salah satunya dengan minum Sangobion Femine #MenstruPain dengan kandungan herbalnya, yang berkhasiat mengurangi nyeri dan lesu saat menstruasi.

asyikkk foto bareng blogger2 hitzz..love

26 komentar:

  1. Acaranya bagus banget yo, mb. Ma Lintang perlu baca ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mbak eni. jadi tau seharusnya dari sebelum mens kasi tau anak. jangan kayak pas aku kecil. baru tau pas udah dapet. nangis deh.

      Hapus
  2. Jadi inget pas pertama kali menstruasi, sempet freaking panic. Hahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. sama. aku pikir aku sakit apa. aku gak berani kasi tau ibu. takut ibuku sedih. kupikir aku udah dekat ajal.hehehe..

      Hapus
  3. Harus sering sering nih ngadain acara begini. Karena kadang kan kita tabu banget ngomongin menstruasi dan yang lain sama anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak windah. acara2 yg mengedukasi banget kayak gini. jadi bisa prepare apa yg harus disiapin

      Hapus
  4. aih, senang banget ketemu Anik yang foto fotonya selalu "killer"

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah mak tanti idolaku... aku yg seneng ketemu kalian2.love..

      Hapus
  5. Lengkap banget ulasannya mba.. dulu waktu remaja aku juga curhat nya ke nyokap masalah mens.. dan lagi kalau lagi datang bulan bawaannya makaaaann melulu hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah nih, acara lengkap kasi infonya. aku juga seneng.

      Hapus
  6. seneng banget aku bisa ikutan acara ini dapat ilmu soale suka bingung ngobrolin soal ini sm krucils....
    suka canggung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mak. aku juga suka bingung. udah ngasi tau sih. tapi blm ada panduannya.

      Hapus
  7. Pengen juga dapat materi tentang ini lagi mba. Jadi ingat pas anak ngalamin menstruasi sejauh ini tak cangguh. Skarang aku dan dia selalu mencatat jadwal menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih. aku juga mau ngajarin nyatet ah. aku selama ini gak catat malah.xixixi

      Hapus
  8. Aku masih punya PR satu lagi ttg menstruasi nih. Tapi masih lama sih, Maira masih 4 tahun hehe. Alhamdulillh kakak2nya udah lama lewat dan so far so good menstrutalk sama mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak sary keren banget deh. aku ngefans sama anakmu yg jago gambar n si cantik maira.

      Hapus
  9. Wahhh begini ya kalo ada anak remaj, tapi aku dulu juga berguru sama mamak, anak-anak skr mungkin lebih byk refrensinya karena era digital mudah akses info

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak ulie, jaman sekarang banyak kemudahannya.

      Hapus
  10. Hmmmm 3 thn lg berarti waktu pas utk bicara ttg menstruasi ke anak perempuanku :D. Slama ini dia jg prnh nanya sih knapa aku memakai pembalut, berdarah kenapa, tp krn msh 5 thn, aku blm terlalu mau ngejelasinnya. Zaman aku sekolah dulu, tiap haid pasti sakitnya bukan main. Samoe nangis kadang. Ga mempan mba obar pereda sakit. Smpe akhirnya di pijit ama tabib gitu, dan diksh ramuan, ampe skr ini ga prnh sakit lg. Berharap anakku g ngalamin seperti aku dulu sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak. aku juga anak2 sedikit2 udah tau. untuk kakak lebih banyak porsinya. termasuk apa2 hal2 dalam agama yang tak boleh dilakukan saat mens.

      Hapus
  11. Wah lengkap banget ulasannya mba, makasi sharingnya... perlu ni buat ibu2 yang punya anak cewe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak mbak dew udah berkunjung. semoga berguna. aamiin

      Hapus
  12. Ga punya anak cewek mbak, tapi mulai akan bergaul dengan remaja2 cewek usia puber ini. Trims infonya, penting sekali

    BalasHapus
  13. Andai aku punya anak cewek, pastinya bisa kuterapkan nih hehe

    BalasHapus
  14. Ya ampun, tahun depan anak perempuan aku 8 tahun, udah bisa mulai menstrutalknya brrti yaaa. Deg-degan.. Semoga aku bisa menyampaikannya dengan baik deh. Aaaaaminnn..

    BalasHapus
  15. ▷ Casino Site | GoCasino.com
    Our mission is to provide you with the kadangpintar ultimate gaming experience, that is online casino. We pride ourselves on having choegocasino the best 메리트 카지노 gaming experience in the industry.‎Gaming · ‎Online Casino · ‎Games

    BalasHapus