Rabu, 01 Mei 2019

AJT Cognitif Test Solusi Kesulitan Belajar pada Anak



Hallo Mommies, pernah gak ngalamin namanya pusing ngajarin anak belajar. Saya pernah. Dua-duanya anak saya saya pernah ngalamin pusingnya ngajarin anak belajar. Padahal nih menurut tes IQ yang diikuti anak saya saat saringan masuk sekolah, anak saya tergolong cerdas. Cuma memang di keterangan masih kesulitan pada konsentrasi anak. 


 
Contoh kasusnya, anak saya lagi belajar nih, saya lagi nungguin sambil ‘diem-diem’ liat story Instagram teman yang menarik. Itu suara hape udah dikecilin, bisa-bisanya men-distract konsentrasi anak saya. Gemas rasanya. Akhirnya, saya taruh hape, saya nemenin dengan baca buku atau majalah. Tapi, warna warni majalah aja bisa juga mengalihkan dunia, eh.. perhatian dari buku pelajaran. 

Ternyata ya, kasus kayak gini nggak Cuma kejadian sama anak-anak saya. Anak tetangga, dan teman anak saya sekolah juga pernah mengalami kejadian seperti ini. Kepusingan ini saya nggak bisa pecahkan dengan hanya membaca hasil test IQ anak saya. Apa yang harusnya saya lakukan.

One day, saya dibisikin teman saya tentang AJT Cognitif test. Dan penasaran apa sih AJT Cognitif test itu. Kata teman, AJT CogTest (singkatan dari Cognitif test) adalah salah satu test tingkat kecerdasan terbaru, test kogniif yang telah di normakan untuk anak Indonesia, yang distandarisir sesuai dengan karakteristik Bahasa dan budaya Indonesia. Jadi lebih cocok gitu untuk anak Indonesia. 

insyaAllah hasil test AJT Cognitif test akan membantu orang tua dan guru untuk lebih memahami anak dalam hal kemampuan berpikir di kegiatan pelajaran sekolah. Orang tua akan lebih mudah mengarahkan dan mengembangkan potensi anak, setelah tau profil cognitive anak.



O, iya. AJT Cognitif test ini dikembangkan oleh PT Melintas Cakrawala Indonesia, yang bergerak dalam memberikan solusi dan pelayanan untuk mengetahui potensi kecerdasaan anak secara pasti, dan mudah dipahami.
Landasan teori psikologi yang dipakai merupakan teori paling mutakhir dan komprehensif di dunia saat ini. AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan kognitif anak usia 5 sampai dengan 18 tahun sehingga kekuatan serta kelemahan kemampuan berpikir anak dalam belajar dapat teridentifikasi secara lengkap dan jelas.

Pada rentang usia 5 sampai dengan 8 tahun, dimana rentang usia itu merupakan masa penting perkembangan anak. Orang tua dan guru harus tau profil kognitif anak untuk membantu memotivasi anak dengan efektif dan tepat, sehingga orang tua dan guru bisa mengarahkan anak dalam menggali sisi unggul dan potensi anak, jenis profil pembelajaran yang pas untuk anak, serta mempersiapkan dalam menghadapi kelemahn anak-anak. Diharapkan, anak-anak akan lebih siap menyongsong masa depan dan bersaing di dunia yang semakin mengglobal ini. 

Chief Executive Officer PT MCI, Ari Kunwidodo mengatakan, “Anak-anak memiliki keterampilan, minat, dan kekuatan serta kebutuhan belajar yang berbeda. Hasil laporan AJT CogTest yang pasti dan mudah dipahami, memungkinkan orang tua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi yang komprehensif tentang kemampuan kognitif setiap anak, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka.”




Berikut ini adalah fakta-fakta dari kelebihan AJT Cognitif test :

  1. PT Melintas Cakrawala Indonesia adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menawarkan AJT CogTest, tes kognitif atau tes kecerdasan yang dikembangkan dengan norma Indonesia.
  2. AJT CogTest dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5 sampai dengan 18 tahun.
  3. AJT CogTest merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan selama lebih dari 4 tahun terhadap hampir 5.000 siswa dari 6 propinsi di Pulau Jawa, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Kevin McGrew sebagai konsultan proyek, ahli dari teori CHC dan Co-Author dari Woodcock-Johnson III & IV. AJT CogTest telah diuji coba di 10 Sekolah terkemuka se-Jabodetabek.
  4. AJT CogTest dikembangkan berdasarkan teori kecerdasan termutakhir, yaitu teori Cattell – Horn – Carroll (CHC Theory).
  5. AJT CogTest adalah tes kognitif yang akurat dan komprehensif dalam membantu mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan belajar anak. Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.
  6. Tidak seperti alat tes kecerdasan lainnya, atau yang sering dikenal dengan tes IQ, AJT CogTest memberikan hasil yang komprehensif dari 8 bidang kecerdasan anak. Dengan melakukan tes IQ menggunakan AJT CogTest, diharapkan orang tua dan guru dapat memahami cara belajar yang terbaik untuk anak berdasarkan domain kognitif serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak
  7. Kebanyakan alat tes IQ yang banyak dipakai di Indonesia disadur dari luar negeri sehingga belum sesuai norma yang ada di Indonesia. AJT CogTest hadir sebagai alat tes kognitif yang dirancang oleh psikolog dan ahli psikometri Indonesia maupun internasional untuk anak Indonesia.


Jenis paket Tes Kognitif AJT ada 2:
o   AJT CogTest Full Scale. Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
o   AJT CogTest Comprehensive. Diperuntukkan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalisis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.




Biaya AJT CogTest:

AJT CogTest Full Scale
AJT CogTest Comprehensive
Rp760.000
Rp1.200.000

AJT CogTest dilakukan oleh psikolog yang  sudah mengikuti pelatihan dan disertifikasi oleh PT MCI. Hasil AJT CogTest akan dikirimkan berupa softcopy melalui surat elektronik (email) dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari kerja setelah tes dilakukan.

PT Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) adalah penyedia AJT CogTest, tes kognitif pertama di Indonesia yang sudah dinormakan untuk anak Indonesia usia 5 sampai dengan 18 tahun, berbasis bukti untuk memberi wawasan jelas tentang bagaimana siswa memproses dan memperoleh pengetahuan. Tes ini menawarkan pengukuran kekuatan dan kelemahan kognitif yang akurat, andal, tervalidasi, dan lengkap. Wawasan ini memungkinkan pendidik, siswa, dan orangtua menggunakan strategi yang paling efektif untuk setiap anak, sehingga meningkatkan kemampuan belajar siswa. MCI bercita-cita untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di Indonesia.




Duh, jadi nggak sabar mau segera ajakin anak-anak ikut AJT Cognitif test sebelum terlambat. Biar saya nggak setres ngajak belajar anak.
Mommies yang berminat juga buat ikutkan anaknya AJT Cognitif test, berikut ini kontak email,  alamat dan nomor teleponnya.
PT MCI
Graha Irama 5th Floor Unit F
Jalan H.R Rasuna Said X-1 Kav 1-2, Jakarta 12950.

Telp: 021-5261487

E-mail: info@melintascakrawala.id
Instagram: @melintascakrawalaid
Website: www.melintascakrawala.id
WhatsApp CS: 087883258354


3 komentar:

  1. Nayla anak.saya juga kalau lagi belajar kadang tiba tiba mengerjakan hal lain, ternyata dia begitu buat menghilangkan jenuh😀

    BalasHapus
  2. Sama nih Mak

    Klo lagi nemenin anakku mewarnai ato menebalkan huruf, aku suka pegang henfon buat random like dan komen2 sosmed. Dan, anakku liat emaknya pegang henfon langsung mogok lah dia wkwkkwkwk

    Aku pengin banget daftarin anakku ikutan AJT CogTest, kudu ngumpulin dana dulu nih biar bisa ikut yg AJT Comprehensive.

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing, sukses terus..

    BalasHapus