Rabu, 26 Juli 2017

Ayam So Good ala Topping Jjajangmyeon

Saya suka bangget nonton film Korea akhir-akhir ini. Aktris dan aktornya mainnya mantab. Jalan ceritanya juga menarik. Meski ceritanya kadang termasuk film fantasy, tapi masih asyik sih di ikuti.

Nah, pasti dalam sebuah film ada pernik-pernik menarik, Entah pemandangan alamnya yang cantik, gedung dan bangunan yang menarik, fashion yang dikenakan, dan tentu saja makanan yang mereka makan. 

Sudah lama saya penasaran dengan aneka masakan Korea. salah satunya Jjanjangmyeon. Mie dengan topping potongan daging  dan sayuran yang berlumuran saus berwarna coklat. Sepertinya enak sekali. Sayangnya, beberapa bahan semacam chunjang atau black bean paste, dan mirin tak mudah ditemukan. Selain itu, mirin masuk bahan non halal. Jadi saya nggak bisa pakai.


Akhirnya setelah ditimbang-timbang dan dipikirkan secara matang (habis dimasak, jadi matang. hehehe..), beberapa bahan kuganti dan beberapa bahan kutambah. seperti chunjang, aku ganti kecap, mirin, aku ganti perasan jeruk lemon, sedangkan myeon atau mie udon yang biasa dimakan bersama kuah ini kuganti nasi atau mie telur. Kemarin sih sempet kepikiran pengen bikin udon sendiri, sayangnya anak-anak sudah nggak sabar lagi.

O, iya. Karena keterbatasan bahan-bahan original, bahan-bahan subtitusi tadi tentu menghasilkan rasa yang nggak serupa Jjajangmyeon aslinya ya. Tapi yang jelas rasanya lezat. Salah satu sebabnya adalah pemilihan daging ayam. 

Tips pemilihan daging ayam potong yang segar adalah :
1. Pilih yang berwarna kemerahan daging ayam segar.
2. Pilih ayam yang cukup kenyal dan berisi teksturnya.
3. Hindari memilih ayam yang keabu-abuan.
4. Hindari memilih ayam yang sudah berlendir dan lengket saat dipegang.
5. Hindari memilih ayam yang sudah berwarna kebiruan di persendiannya.
(*sumber dari :  https://www.facebook.com/SoGoodNugget/)


Saya menggunakan Daging ayam potong So Good. Kenapa saya memilih daging ayam So Good? Karena menerapkan tips di atas, ciri-ciri ayam segar sehat ada pada ayam potong So Good

Hal-hal lain berikut inilah saya memilih So Good :
1. So Good ayam potong berasal dari ayam kualitas terbaik.
2. So Good ayam potong berasal dari peternakan modern milik sendiri
3.So Good ayam potong telah bersertifikat NKV (Nomor Kontrol Veteriner), yang merupakan sertifikat sebagai bukti tertulis yang sah telah dipenuhinya persyaratan hygine sanitasi.
(*sumber dari : https://www.facebook.com/SoGoodNugget/)


Daging ayam potong So Good dipilih dari bibit berkualitas, di besarkan di peternakan yang modern bersertifikat, di potong secara halal, lalu dibekukan secara individual (IQF:individualy quick frozen), merupakan kunci menghasilkan daging ayam yang segar, sehat, bergizi, serta rasa yang lezat.

Karena daging ayam potong So Good berkualitas terbaik, saya nggak perlu repot-repot lagi membersihkan sisa bulu yang terkadang pada ayam yang beli di pasar masih tertinggal, tinggal defrost, dicuci, diolah.

Berikut ini resep Ayam So Good ala Topping Jjangmyeon



Bahan-bahan :
500 gram daging ayam potong paha dan dada So Good yang dipotong dadu lalu rebus sebentar. (tulang ayamnya jangan dibuang ya. buat kaldu ayam dengan air sebanyak kurleb 1500ml.)
1000ml kaldu ayam
120 gram tomat segar potong dadu agak besar
120 gram bawang bombay potong kasar
120 gram wortel potong dadu
120 gram kol putih potong kasar
3 batang daun bawang potong 2cm
garam dan merica putih bubuk secukupnya
4-5 sdm saus tiram dicampur minyak wijen 1 sendok makan.
6-8 sdm kecap manis
2 sdm gula pasir
2 sdm maisena yang di encerkan dengan 200ml air untuk pengental
2 sdm juice jeruk lemon/nipis
1 sdt biji wijen yang sudah disangrai sebentar.
4 siung bawang putih cincang halus
4 siung bawang merah cincang halus.
4 sdm minyak goreng untuk menumis.
1 ruas jahe kupas lalu digeprek

Pelengkap penyajian :
5 bonggol sawi bokcoy kecil yang di rebus sebentar
Acar wortel dan timun yang di potong korek api.
1 sdm Potongan halus daun bawang. 
1 sdt Biji wijen sangrai sebentar untuk taburan

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih, bawang merah dan jahe hingga harum. Masukkan bawang bombay, tomat, wortel, kol yang sudah dipotong-potong. aduk-aduk sebentar.

2. Masukkan daging ayam potong So Good yang telah dipotong dadu. Masukkan kaldu ayam. Aduk-aduk sebentar.

3. Masukkan saus tiram yang telah dicampur minyak wijen, kecap, gula pasir, merica, garam, biji wijen, juice jeruk lemon/nipis. masak hingga semua tercampur rata. Test rasa, dan koreksi jika perlu.

4. Setelah semua bahan matang, kentalkan dengan maisena yang telah diencerkan dengan air. masak lagi sebentar, lalu siap disajikan.

5. Sajikan untuk topping nasi putih hangat, atau mie, atau udon. lengkapi dengan acar potongan timun dan wortel, rebusan sawi bokcoy, taburi daun bawang dan biji wijen.




Kurang lebih untuk 5 porsi. Masakan ini bisa di bekukan, kemudian sewaktu-waktu diperlukan, tinggal dipanaskan. lezat dimakan bersama nasi putih hangat yang pulen, atau jadi topping mie apa saja. bahkan lezat untuk topping spagheti. 


Dengan daging ayam potong So Good, ibu-ibu lebih mudah dan nyaman berkreasi aneka makanan hidangan keluarga. Lebih sehat dan tentu hemat.











7 komentar:

  1. Ya ampun, ngiler banget lihat makanannya mbaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih telah ngiler mbak al.😊. Bikin yukk.. gampil kok.

      Hapus
  2. Aduh kalo liat foto masakan Mba Anik itu pasti menggiurkan banget. Apalagi yang foto terakhir itu mbaaa.. Rasanya pingin aku lep lep.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayokkk mbk dita.. bikin mbak. Aku gak pake bahan yg susah dicari. Hihihi.. makasih ya mbk ditaπŸ™

      Hapus
  3. aku mauu cobaa, ini yang biasa di drama korea kan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk. Cuz langsung bikin. Enak mbak buat topping mie atau nasi. Saranku buat kuahnya banyakan. Makasih banyak mbk shinta πŸ™

      Hapus
  4. Bahannya aja ini yang agak banyak ya. Masaknya cukup praktis. Nanti saya nyobain, nyontek resep dari sini aja :D

    BalasHapus