Kamis, 02 Agustus 2018

Colour to Life Augmented Reality Colouring Book yang Keren


Satu lagi, Faber Castell meluncurkan buku mewarnai. Colour to Life. buku mewarnai Colour to Life ini, merupakan Augmented Reality (AR) Colouring book, sehingga saat di scan melalui applikasi terkait (apps. Colour to Life – Faber Castell {tersedia di App Store maupun di Google Play Store}) yang telah di unduh, akan muncul proyeksi 3 dimensinya di gawai.







Saya dan anak-anak saya sangat menyambut gembira adanya Colour to Life ini. Saya menyadari, akhir-akhir ini penggunaan gawai merajalela, tak hanya pada orang dewasa, namun juga anak-anak. Tak terkecuali anak saya. Prihatin, namun sejauh ini saya tetap bisa mengontrol penggunaan gawai agar tetap pada porsi yang telah saya tentukan, dan pada konten serta aplikasi yang positif, sehingga bisa menjadi sarana untuk belajar.



Dengan adanya Colour to Life, kegiatan mewarnai menjadi lebih menyenangkan, terutama untuk anak-anak pada khususnya. Karena setelah selesai mewarnai, anak-anak bisa menggunakan aplikasi Colour to Life untuk melihat karakter yang telah mereka warnai dalam wujud 3D di gawai.
mode : swafoto bareng AR karakter Colour to Life




Tak hanya itu, anak-anak bisa berfoto bersama karakter pada Colour to Life yang telah mereka warnai pula dengan aneka ide kreatif bergaya yang unik-unik.

 
Keen bergaya dengan aneka karakter di Colour to Life



Selain itu, Colour to Life juga memiliki konten game menarik yang tak hanya mengasyikkan tapi juga mengasah daya ingat serta kecepatan berpikir.

aneka game di Colour to Life




Mewarnai, adalah kegiatan yang menyenangkan. Akhir-akhir ini, tak hanya dijual buku mewarnai untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa. Selain sebagai media untuk mengekspresikan rasa, mewarnai juga bermanfaat sebagai media relaksasi. Melepaskan kepenatan dan stress dari kegiatan orang dewasa sehari-hari yang penuh tekanan melalui mewarnai.


Menurut psikolog Dr. Ben Michaelis (sumber :detik.com)” Kegiatan mewarnai mengurai kecemasan dan ketakutan, bisa mengaktifkan logika pada otak, dan menciptakan pola pikir yang lebih kreatif. Karena mewarnai merupakan aktivitas yang terpusat, amugdala-bagian otak yang merespon rasa takut-bisa beristirahat sedikit demi sedikit. Dan semakin lama efeknya bisa sangat menenangkan.”




Sedangkan manfaat mewarnai untuk anak-anak antara lain adalah:

  • Sebagai media mengasah motoric pada anak-anak, terutama motoric halus
  • Melatih koordinasi antara tangan, dan mata,
  • Melatih anak untuk mengekspresikan perasaan melalui mewarnai.
  • Melatih konsentrasi pada anak-anak.
  • Media mengenalkan warna untuk anak-anak.
  • Melatih anak mengenal garis batas bidang dan melatih membuat serta memenuhi  target, juga melatih disiplin.



Cara pemakaian AR Colour To Life mudah kok.


Pertama yang harus kita lakukan adalah mewarnai AR colouring book Colour to Life dengan aneka warna spidol Connector Pen yang tersedia dalam set Colour to Life
Review Connector Pen dan teknik2 mewarnai menggunakan Connector Pen ada di sini 
Warnai semenarik mungkin. Saya suka sekali, kombinasi warna yang muncul pada karakter 3D nya sesuai dengan yang saya warnai di bukunya. Bahkan paternnya juga.



Unduh atau download aplikasi Colour to Life (bisa melalui App Store atau Google Play Store.


Buka apps.-nya untuk memulai.lalu ikutin sesuai petunjuk di apps

Nantinya akan muncul kotak hijau tanda siap scan. arahkan ke gambar Colour to Life yang telah diwarnai kemudian scan



Scan dengan jarak minimal 30cm. posisi tegak lurus dan semua terekam di kamera gawai.



Nanti akan muncul karakter 3D Colour to Life. Setelahnya siap untuk main game atau berswafoto alias selfie. 

Keen, Ola dan saya segera sibuk mewarnai bersama-sama Colour to Life lalu scanning gambar di buku Colour to Life yang telah kami warnai. Ola pun sibuk mengarahkan pose adiknya, saat berfoto bersama karakter di Colour to Life. Warna-warni yang cantik (ngejreng kata Keen. hehe.. suka dia cerahnya warna connector pen Faber Castell.)

Ajaibnya, karakter Colour to Life benar-benar popping up persis seperti warna yang kita warnai, sampai-sampai patern mewarnainya juga "keluar". bila saya bikin bintik-bintik (teknik pointilism) juga muncul, bentuk garisnya juga muncul. keren deh pokoknya. Main Colour to Life bisa dimainkan secara offline lho. Sudah gitu, gambar 3D yang kita ajak selfie juga bisa disesuaikan ukurannya sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, mau kecil atau besar, dengan warna dan patern yang masih sama. Cool.. liat aja tuh, di video yang say2a lampirkan di bawah.
Asyik kan, segera deh, temukan set Colour to Life AR colouring book di tokopedia, gramedia, atau toko buku terdekat di kotamu.



16 komentar:

  1. salfok ama selfie nya ken....emang deh yaa emaknya fotografer...foto anaknya kaya model beneran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kocak mbak. Dia suka liat review mainan sama vlogger cilik luar. Trus nanya. "Mah... kita subscribernya berapa?" Aku bilang."masih dikit. Temen2 mamah semua." 😂. Jazakillah mbak lyta kunjungannya

      Hapus
  2. Mbaak fotonya cakep cakepp euuuy. AKu ga bisa foto selfie yg keren kayak gini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah. Makasih mbak dwi. Bisa lah mbak. Kan itu karakter colour to life bisa digedhein. Cari lokasi yg pencahayaannya cukup. Trus jepret deh. Yukk.. coba lagi yukkk

      Hapus
  3. Aku mau dong difotoin 😂

    BalasHapus
  4. Aku dah nyobain sendiri mewarnai & main gambar 3D ini, emang bikin rileks, fokus & mengasah kreativitas 😁 apalagi buat anak2, cocok banget plus bisa poto2 cucmey dgn karakter yg ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk Sandra. Cucmey bingits ya. Seru mainnya

      Hapus
    2. Ini pasti seru banget Makkkk. Mau coba juga jadinya

      Hapus
    3. Seru banget mak. Gih cobain. Asyik karena selain mewarnai bisa foto bareng karakter dan main aneka game seru

      Hapus
  5. senang banget ya, anakku juga senag tapi bagian mewarnai aku ambil alih ehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah anak2ku juga pada happy mainan ini mak. 2-2 nya memang suka mewarnai. Pas karakter yg sesuai dengan apa yg mereka warnai nobgol 3D makin seneng mereka

      Hapus
  6. Seru banget Mbak. Itu anak-anak kelihatan ceria ya

    BalasHapus
  7. Darell excited banget pas mainin aplikasi Colour to Life di handphone aku, tapi mewarnai gambar2nya juga enggak kala seru yaa

    BalasHapus
  8. Pasti seru nih mainnya. Keen kayaknya bakal tinggi nih badannya, Mba Anik. Keliatan jangkung ya.

    BalasHapus
  9. Ku malah terpesona sama videonya Ken :)

    BalasHapus