Kamis, 07 April 2016

Membuat Splash Dengan Brush



Assalamualaikum man teman. Maafkan saya bila dalam tutorial photoshop menggunakan brush ini terdapat salah-salah kata atau panduan…ya. Hehehe… apoloji di depan. Iya, soalnya saya juga nubie di bidang ini. Udah gitu dapet ilmunya lebih banyak otodidak serta trial and eror. Kebanyakan erornya tapi. Biarinlah…
Pertama-tama untuk tutorial effect splash ini yang diperlukan adalah tentu saja photo asli original. Shoot foto sebaik mungkin. Pertama siapkan set untuk foto. Sebuah background hitam (saya kursi di tutupi rok hitam yang lebar. Hadehhh… dasar emak-emak ya. Maklum. Belum pro, gak punya banyak property foto.)kemudian cermin yang bersih dan cukup lebar. Nggak usah lebar-lebar banget sih. Secukupnya aja lebarnya. Kemudian siapkan minuman kemasan kaleng yang baru saja dikeluarkan dari kulkas. Jangan langsung di jepret. Embunnya masih terlalu halus. Lokasi pemotretan sebaiknya cukup memperoleh cahaya. Paling baik untuk yang minim peralatan fotografi seperti saya adalah cahaya natural. Tapi jangan yang langsung kena matahari. Pertama fotografernya kepanasan, yang kedua cahaya yang jatuh dan bayangannya terlalu keras.(gubrak gitu keras. Hehehe…). Misalnya posisi teras rumah yang cukup cahaya tapi nggak silau.  Setelah embuh lumayan terbentuk, mulailah menjepret object foto.



Setelah mendapatkan object seperti di contoh atas, simpan dulu.


Kita mulai buka photoshop. Ceki-ceki dulu nih udah ada belum brush water splash. Cek di sini (tempat yang saya tandai lingkaran merah. Kalua ada, bisa segera eksekusi. Kalau belum…. Kita ke step ini dulu.


Googlinglah situs yang menyediakan brush water splash gratis seperti ini. Kemudian download-lah. Nanti kita akan memperoleh sebuah file rar yang isinya file brush dengan extention abr. Extractlah di tempat yang kalian apal eh.. inginkan, kemudian copy. Kita paste ke:

 drive c (atau drive tempat dimana program adobe ditaruh)/program files/ adobe/ adobe cs (yg kalian punya versi apa)/ preset/ brush. (slash menunjukkan folder yak, kalo di G n’ R menunjukkan gitaris. Aishh.. oldskool). Nanti setelah mem-paste akan muncul jendela dialog seperti ini:


setelah itu buka program photoshop dan siap eksekusi foto yang tadi sudah di jepret.
Buka file foto yang mau di olah. Kemudian buatlah layer baru di atas file asli dengan cara klik bagian seperti di bawah ini.

  
Kemudian pilihlah brush dan ukurannya yang dimau. seringkali ukuran tergantung juga ukuran foto.


kemudian klik ok untuk konfirmasi ukuran brush


lalu jangan lupa warna untuk air condong ke putih. gantilah set foreground colornya jadi putih. caranya klik aja nanti muncul jendela dialog milih warna (color picker) kalo udah dapet ya klik ok.


lalu klik kan brush beberapa kali (terserah maunya editor gambar)di lokasi yang sama jangan dipindah2 mousenya. jangan di sapukan.



setelah itu kita bisa mentransformasikan ukuran splash yang sudah ada. bisa lebih kecil ataupun lebih besar. Bisa juga untuk merotate splash sesuai selera kita. main feeling aja. cie.. caranya drag aja  garis kotak tipis itu. atau kalo rotate pilih dulu lalu dirotasikan pas di corner garis kotak putih tipis.

buatlah bayangan dengan cara seperti ini. jangan lupa perhatikan ukuran bayangan splash yang jatuh pada object. jangan terlalu gelap karena sifat air cenderung transparant. pa lagi cuma sak kapyukan splash kan tipis.


lalu buatlah duplikasi layer splash yang tadi dengan cara klik menu layer/duplicate layer lalu ok. akan muncul layer duplikasi dari layer splash. layer duplikasi ini bentuk splashnya sama. nanti difungsikan sebagai bayangan/reflection dari splash pertama.

 setelah itu, flip vertikal duplicate splash layer tadi


kemudian ubah ukurannya menjadi kurleb setengah dari tinggi layer 1 karena sifat bayangannya. (beda angle). caranya kayak yang tadi ngubah ukuran pakai transform scale


setelah itu pindahkan "bayangan splash" ke tempat dimana seharusnya bayangan itu jatuh.seperti gambar di bawah.


kemudia ubah oppacity dari bayangan dengan klik oppacity seperti gambar dibawah ini karena bayangan nggak secerah aslinya. kurleb gitu.
setelah itu klik di layer 1 yang isinya layer splash pertama. lalu klik menu layer dan sub menu merge down agar layer satu menyatu dengan layer background.
setelah itu klik lagi di layer duplikasi (layer 1(copy)) dan ubahlah angle dari bayangan splash dengan mengubah derajat anglenya seperti contoh dibawah ini.
setelah itu klik ok. kemudian pilih menu layer dan flatten layer untuk menyatukannya lalu save dengan ext. jpg. jangan lupa watermark hasil kerjamu.
 seperti ini hasilnya :


contoh lain pemakaian brush splash :


26 komentar:

  1. Thanks sharingnya. Keren Mba Anik. Setelah baca mau banget nyoba, tp apa daya, gak ikrib sm tools editing.huhuhu... masih bergudang-gudang yg harus dipelajari. Keep sharing, Mba Nik. Se-ma-ngat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak nia, itu tool apa aja yg dipakai udah ku bisikin juga kok. nyobian yukkk

      Hapus
  2. Thanks sharingnya. Keren Mba Anik. Setelah baca mau banget nyoba, tp apa daya, gak ikrib sm tools editing.huhuhu... masih bergudang-gudang yg harus dipelajari. Keep sharing, Mba Nik. Se-ma-ngat!

    BalasHapus
  3. Keren, mba Anik. Setelah kucek, photoshopku ga ada brushnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak leyla, kalo nggak ada download dulu brushnya.

      Hapus
  4. Bookmark. Kapan2 mau coba. TFS

    BalasHapus
  5. Waah,asyik nih
    jadi pengen ngebrush tole Pendar xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbakk eni... makasih mbak en udah mampir

      Hapus
  6. TFS mbak Anik :) Setelah aku baca, kok aku tambah mumet ya huhu *emak gatek. Lebih bahagia menikmati hasil fotonya :D Aku simpan ya tutorialnya nanti biar anakku aja yang ngoprek, emaknya tak ngelihatin aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh maaf mbak vanda bikin mumet.xixixi.. makssih mbak vanda

      Hapus
    2. Waduhh maaf mbak vanda bikin mumet.xixixi.. makssih mbak vanda

      Hapus
  7. wah kece nih.. akhirnya nemu juga buat bkin splash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak mariana udah mampir

      Hapus
    2. Makasih mbak mariana udah mampir

      Hapus
  8. Wuih... kereeeennn.... tutorilnya ok banget Mbak. Terlihat mudah tapi embuh kalau praktek. Tak coba2 dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp mbak susi. mardico.. mari dicoba. makasih udah mampir

      Hapus
  9. Meski emak2 bisa membuat seperti itu, termasuk keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas udah mampir. iya nih. lagi belajar bikin soto digital.:D

      Hapus
  10. aku masuk sini langsung heng otakku, mba πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah mbak wiek.. piye aku dolan mrono po tak ajari.xixixi

      Hapus
  11. Terima kasih untuk sharingnya mbak. Sangat bermanfaat. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak sudah berkunjung...

      Hapus