Rabu, 25 April 2018

Tips Mama Keen Ola Memilih Jajan Sehat


Menjadi ibu jaman now, itu banyak tantangannya. aneka arus informasi, deras masuk melalui gawai telpon pintar. dari gosip, berita politik, hingga berita angin puting beliung di jogja saja bisa langsung tersebar. Ibu Harus selalu waspada, entah pada tontonan, pergaulan, bahkan konsumsi anak. Termasuk pula jajan. 
Permen Pindy Susu aneka varian
Saya lebih memilih membawakan bekal dari rumah. Untuk si kakak, bekal makan siang lengkap : sumber karbo, serat dari sayur dan buah, serta lauk. Juga camilan untuk jam istirahat, bisa berupa cake, roti kecil, keripik, atau permen. Untuk si adik, bekalnya hanya camilan seperti kakak karena jam belajarnya yang lebih singkat.




Camilan yang sehat, itu terjamin bila membuat camilan sendiri di rumah. Resep bertebaran di internet, tinggal ibu yang harus cermat memilih resep tersehat dan terenak. Ada salad buah, aneka jenis cake, roti baik yang dioven maupun yang dikukus, aneka keripik baik dari tepung, buah atau sayuran, dan aneka pudding.
 
bekal
Tips membuat camilan sendiri di rumah :

  • Pilih bahan-bahan yang baik. Bahan yang baik untuk membuat camilan tak harus mahal.
  • Pilih bahan-bahan yang alami.
  • Bila bahan makanan perlu dicuci, cucilah menggunakan air bersih.
  • Bila bahan makanan dari pabrik, perhatiakan tanggal kedaluwarsanya,
  • Bila bahan makanan dari pabrik, perhatikan apakah bahan penyusunnya terdapat bahan pengawet atau tidak, jenis pengawet yang diperkenankan atau tidak.
  • Bila bahan makanan dari pabrik, perhatikan apakah telah memiliki nomor registrasi BPOM serta halal MUI. Bila perlu cek nomor registrasinya. 
  • Cek nomor registrasi BPOM melalui : http://cekbpom.pom.go.id/ 
  • sedangkan cek nomor registrasi halal MUI melalui : http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1
  • Minimalkan penggunaan zat additive seperti pengawet, pewarna dan perisa makanan. Untuk bahan pewarna dan perisa makanan, sebaiknya gunakan yang alami. Misalkan, pada pembuatan ice cream, pewarna dan perisa asli dari buah-buahan segar. Penggunaan pewarna dari sari daun suji pandan, pada cake, roti, pudding, dan cendol. Pewarna dari umbi-umbian, dan sebagainya. Penggunaan pewarna dan perisa alami, selain sehat juga lezat.
  • Awetkan dengan cara-cara alami, misal dengan pengasaman, pengasapan, pengasinan, pemanisan, penggunaan minyak, pengemasan kedap udara, atau pembekuan. Tapi, camilan yang segar baru dibuat tanpa diawetkan tentu lebih baik.
  • Gunakan alat-alat yang bersih, higienis, dan bebas karat.
  • Buatlah camilan sesuai dengan perintah resep, bagian mana yang perlu di mixer dengan kecepatan tinggi, bagian mana yang harus diturunkan kecepatannya, bagian mana yang hanya perlu diaduk menggunakan spatula, berapa suhu yang harus digunakan serta berapa lama pemasakan yang diperlukan, ukuran Loyang, ukuran bahan makanan yang dibutuhkan, dan sebagainya. Memasak camilan sesuai dengan perintah resep itu, meminimalisir kegagalan dalam proses pembuatan camilan.
  • Meskipun camilan buatan sendiri di rumah, jangan lupa, tetap diberikan secukupnya tak berlebihan. Ingatkan selalu anak-anak supaya setelah makan camilan manis selalu menggosok giginya.

 
Camilan buatan sendiri

Nah, masalah camilan nih. Kadang saya bikin. Tapi kadang beli juga. Seperti permen. Saya belum bisa bikin permen sendiri. Saya membolehkan anak-anak makan permen tertentu yang tentunya aman bagi mereka. Dan saya wanti-wanti pada anak-anak supaya hati-hati saat jajan permen di luar. Harus diperhatikan, apakah terdapat nomor registrasi BPOM dan halal MUI atau tidak.

Biasanya anak-anak bertanya dulu pada saya apakah mamanya membolehkan jenis jajan yang ingin mereka beli atau tidak. Sebaiknya camilan juga dimakan setelah makanan utama, atau pada jam-jam antara satu jam makan dengan yang lain.

O, iya. Saya punya tips memilih jajanan beli  yaitu :

  1. ·         Harus terdaftar BPOM
  2. ·         Harus terdaftar halal MUI
  3. ·         Cek bahan-bahan pembuatnya
  4. ·         Rasanya harus enak
  5. ·         Harganya terjangkau
  6. ·         Mudah diperoleh

Untuk nomor 1 sampai 3 tau kan alasannya, keamanan dan kehalalan. Tapi untuk nomor 4, kenapa harus enak? Ya iyalah, anak-anak itu cenderung picky eater. Kalau nggak enak kan mubazir jadi nggak ada yang mau makan. Untuk tips nomor 5, harga terjangkau karena setiap hari jajan, supaya tidak boros. Sedangkan nomor 6, harus mudah diperoleh. Jangan susah cari yang nggak ada. Iya kan?
 
Permen Pindy Susu adalah permen yang aman
Pernah terima berita berantai hoax melalui medsos atau aplikasi penerima pesan? Pernah dong ya. Jaman now, saya paling heran sama orang yang kurang kerjaan dan tentu saja nyebelin, bikin berita hoax. Asli jahat karena itu adalah fitnah buat seseorang atau sesuatu yang diberitakan secara hoax. Dan bagi pembaca berita hoax, bisa ketar-ketir panas dingin penuh khawatir.
Penjelasan BPOM RI tentang isu peredaran permen susu mengandung narkoba.

Iya. Saya pernah mengalami menerima berita hoax Pindy Susu mengandung bahan berbahaya. Sudah gitu, digabung dengan video seorang anak yang sedang “seperti teler mabuk”, yang sebenarnya tak berkaitan. Alhamdulillah, jadi ibu jaman now kudu waspada, tak menelan mentah saja berita hoax yang beredar. Ternyata #permenPindy Susu benar-benar #amandikonsumsi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia memberikan penjelasan mengenai isu tersebut di atas, bahwa isu tersebut tidaklah benar. Instagram resmi dari permen Pindy @permenpindy_id juga memposting penjelasan BPOM RI tersebut. Coba saja dinalar, mana ada permen yang membuat teler bisa lolos uji BPOM dan halal MUI. Permen Pindy Susu telah mengantongi sertifikat BPOM serta halal MUI, insyaAllah dijamin aman.
 
3 varian permen Pindy Susu
Kenapa saya bilang Pindy Susu aman? Selain dari register ijin BPOM serta halal MUI, cara produksi permen Pindy Susu juga aman serta hygenis. Lihat saja video di akhir tulisan ini untuk melihat pabrik modern nan bersih pemroduksi  Pindy Permen Susu. 

Pabrik permen Pindy Susu bersih dengan sertifikat standar manufaktur ISO 9001 (standar internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk), tersertifikasi Sistem HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points atau Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis). Bahkan pabrik permen Pindy susu telah mendapatkan Sunkist certificate of achievement dengan rating excelent. pengakuan 

Pindy Permen Susu rasanya enak, “nyusu banget”. Ada tiga varian rasa. Rasa original susu, susu coklat, dan susu strawberry. Semua varian telah teregistrasi BPOM serta halal MUI. Anak-anak saya sangat suka semua varian rasa. Tapi untuk si adik, favoritnya adalah rasa susu strawberry. Sedangkan si kakak lebih suka varian rasa susu coklat. Kalau saya mah, semua suka. Enak sih. Hehe..

Pindy Permen Susu harganya terjangkau serta mudah diperoleh. di warung dekat rumah dan sekolah anak-anak juga ada.
 
Permen Pindy Susu, Bekal pas lomba mewarnai
O, iya. Dengan permen Pindy Susu, kita bisa bikin permainan seru lho.

1. tebak rasa.
Kupas 3 varian permen Pindy Susu. Campur semua dalam satu mangkuk. Hompimpa dan siapa yang kalah harus ditutup matanya. Lalu mengambil permen Pindy Susu secara acak, kemudian ditebak rasanya. Masing-masing 5 kali tebakan, mana yang paling banyak menebak secara benar, dialah yang menang.

2. membuat sandwich Permen Pindy Susu.
Tumpuk varian yang diinginkan, lalu dimakan.

Nah, demikian tips-tips dari mama Keen dan Ola. Semoga tips-tips tadi bermanfaat dan applicable ya.

VIDEO PABRIK PERMEN PINDY SUSU YANG MODERN, 
HYGENIS DAN TERSTANDAR MANUFAKTUR INTERNASIONAL.


16 komentar:

  1. Permennya memang aman. Anakku jg udah makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lagi ya mbak el. makasih ya mbak kunjungannya.

      Hapus
  2. kesuakaan duo K nih enaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. anak-anakku juga suka banget. kayak es krim katanya. soalnya rasanya susu banget

      Hapus
  3. Anak-anak saya juga suka permen ini.
    Kalau saya nggak rajin bikin camilan sendiri, paling sering bikin pisang goreng. Itupun anak-anak dan suka heheeheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. kayaknya permen ini gampang jadi paporit anak2

      Hapus
  4. Wah, permen pindy bahannya aman y. Berarti ibu gak khawatir kalau konsumsi permen pindy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaaAllah aman. Udah mantablah. BPOM, MUI, ISO 9001, HACCP. kumplit

      Hapus
  5. Jahat banget, ya, pihak yang suka menebar hoax. Zaman sekarang memang harus jeli memilah berita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jahattt.. banget. Hooh mbak. Jaman now makin gampil nyebar fitnah. Kita harus makin aware sama hoax2. Yg bikin apa ga takut dosa ya?

      Hapus
  6. makasih tipsnay, memang kalau yang suka masak, bikin camilan sendiri lebih sehat dan terjamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga kunjungannya mbak Tira. Iya mbak. Kadang gak selalu sempet bikin sendiri. Makanya harus waspada saat jajan.

      Hapus
  7. kalau yang suka masa, bikin camilan sendiri lebih sehat dan terjamin

    BalasHapus
  8. Enak perme Pindy Susu ini. Chewy tapi tidak lengket di gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu banget ya mbak rasa permennya.

      Hapus
  9. Ini pembuat hoaxnya semoga ditangkap ya. Menghancurkan reputasi produk orang lain :( . Dan moga2 orang yg baca setidaknya ga lgs percaya gt aja.

    BalasHapus