Kamis, 22 Maret 2018

Tokopedia - Belanja Online Lebih Nyaman



Memiliki bayi adalah idaman hampir setiap pasangan suami istri. Dan tak lepas dari itu, pasti ibu sibuk mencari segala pernik yang dibutuhkan oleh calon bayinya. Seperti juga saya, dulu saat akan melahirkan-sekitar 2 bulan menjelang kelahiran anak saya yang pertama- saya mulai sibuk berbelanja perlengkapan bayi. Bersama suami saya, berburu perlengkapan bayi – baju bayi, celana, popok kain, kain bedong, perlak ompol, ember, sabun dan lain-lainnya. 

Baby Keen dan Ayahnya



Dengan perut yang telah membesar dan kaki-kaki yang mulai membengkak, saya diantar suami saya pergi ke daerah kuningan Jakarta dari rumah, dulu di kawasan kebagusan. Memang saya yang keukeuh untuk ikut, karena saya mau yang memilih-milih barang-barangnya. Dulu awal menikah, kendaraan yang kami miliki hanya sepeda motor. Kebayang dong ya harus rempong bawa belanjaan segambreng. Itu juga nggak sekali pergi. Minggu depannya lagi pergi belanja lagi, lalu minggu depannya lagi. Sampai semua kebutuhan terpenuhi.




Untuk urusan perhiasan -  karena anak saya anak perempuan – saya jaman itu hanya berani beli di kota kelahiran saya Magelang. Yang belikan juga kakak, karena kakak saya yang tahu toko emas mana di kota itu yang terpercaya.


Kalau nggak salah sih jaman itu belum ada toko online yang kredibel. Beli segala macam kebutuhan bayi –termasuk aksesorisnya -  tentu lebih nyaman bila sudah ada toko online.

Tokopedia adalah market place atau semacam mall online yang kredibel. Memberikan tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Harga akan bersaing, karena konsumen bisa bebas memilih dan membandingkan harga untuk satu jenis barang yang sama.



Apakah aman? Relative aman, karena Tokopedia akan menahan dana hingga barang terkirim, baru kemudian penjual menerima pembayaran. Jadi bila barang tak diterima pembeli-semisal karena stok habis, ada jaminan uang kembali ke pembeli.

Bagaimana cara berbelaja di tokopedia?


Sangat mudah, tentu saja. Download saja apps tokopedia di google play. Gratis lho. Bisa juga melalui personal computer atau laptop, buka saja di browsernya. Setelah itu tinggal pakai deh. semisal Mau beli aksesoris, gelang emas bayi  ketikan di browser : https://www.tokopedia.com/p/ibu-bayi/aksesoris-bayi/perhiasan-bayi atau bisa juga menggunakan searching bar (cari produk atau toko) di bagian menu paling atas laman tokopedia, barang apa yang dicari.


Apakah aman membeli barang berharga - Seperti aksesoris gelang emas untuk bayi? 

Apakah barang yang diterima nantinya asli? Nah, kita yang memilih dan menentukan toko mana yang paling bisa kita percaya. Caranya dengan melihat detail statistic toko. Klik toko yang dipilih, lalu klik tab lihat detail statistic. 

Disitu tercantum prosentase keberhasilan transaksi-dimana ada tab-tab transaksi perbulan, 3 bulan, dan 12 bulan. Tercantum pula statistic kecepatan transaksi (bagai mana memproses pesanan). Statistic kepuasan toko (apakah toko dapat dipercaya/trusted seller), statistic kualitas produk (apakah produk bagus, asli, berkualitas), dan data-data lain yang menunjukkan kredibilitas toko. Contohnya pada foto berikut ini (saya membuka melalui browser laptop :






Pada foto di atas, penjual memiliki statistic yang bagus, baik dari segi kepuasan, kecepatan transaksi, serta kualitas produk. Pada umumnya pelanggannya memberikan penilaian yang baik. Hal seperti inilah yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih toko/penjual.

Untuk urusan bayi,  pasti terkait sama kenyamanan. Produk-produk bayi, saya juga cari yang aman, dan nyaman. Nah, bagaimana kita tau jenis produk bayi, teksturnya, kelenturannya dan lain-lain. misal kita mencari topi bayi perempuan. 


Bisa dong. Coba perhatikan gambar screen shoot dibawah ini :


Perhatikan pada tab-tab yang saya lingkari. Disitu ada tab informasi produk, bahan terbuat dari apa, warna apa saja yang tersedia, ukurannya, dan lain-lain. juga ada tab ulasan. yang berisi ulasan dari pelanggan. Disitu akan tercermin kepuasan pelanggan terhadap produk terkait. Ada juga tab diskusi produk, dimana pembeli bisa bertanya lebih detail pada penjual sebelum memutuskan untuk membelinya.


Pada bagian bawah, juga terdapat nilai produk yang ratenya diperoleh dari pembeli yang telah mendapatkan produk tersebut. semakin banyak bintangnya, dengan maksimal rate 5, maka produk semakin bagus.


Asyik kan, belanja online, nggak perlu bermacet-macet, kerepotan bawa belanjaan, atau kepanasan dijalan. Nggak perlu juga bercape-cape ngelilingin trade center hanya untuk nemu barang yang pas dengan harga yang sesuai. Tinggal klik, beres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar