Sabtu, 16 September 2017

Transpulmin Membantu Meringankan Derita Flu



Batuk pilek alias common cold, mudah sekali menjangkiti anak-anak. Apalagi pada masa pancaroba atau perubahan musim. Angin yang kencang, membawa serta debu dan kuman-kuman, juga perubahan suhu yang drastis merupakan salah satu sebab anak-anak mudah sakit. 

Penularan penyakit, terutama pada anak usia sekolah, sangat mudah sekali. Namun, pada bayi yang meski lebih sering tinggal di rumah, bila ada anggota keluarga yang tidak dapat menahan rasa gemas untuk mencium bayi, juga merupakan faktor resiko penularan penyakit.

Anak-anak, bila sedang sakit membuat sedih hati ayah bunda semua kan? Sama, saya juga merasa demikian. yang biasanya aktif dan ceria, serta lahap makannya, berubah jadi sebaliknya. anak jadi murung, lebih mudah rewel, bad mood, makan juga jadi susah.

Apalagi bila balita yang sakit, pengalaman saya dan suami, anak-anak jadi lebih sering minta gendong, hingga tangan kami terasa kebas karena kelamaan menggendong. Bila tak digendong, anak-anak juga tak bisa tidur nyenyak karena badan yang greges-greges (meriang) tak nyaman, serta hidung mampet yang membuat napas terasa sesak. 


Berikut ini adalah beberapa cara yang kami usahakan untuk menjaga kesehatan, agar tak mudah batuk pilek :



  • Pada usia bayi, pastikan mendapatkan ASI. Karena di dalam ASI, selain merupakan makanan minuman utama bayi yang didesign Tuhan sebagai makanan minuman paling tepat untuk bayi-terutama di 6 bulan pertama, juga mengandung bekal imunitas untuk manusia pertama kalinya.
  • Menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Ini sangat penting. Membersihkan diri serta lingkungan secara teratur, akan mencegah perkembangbiakan penyakit. Selain itu, diri dan lingkungan yang bersih tentu lebih nyaman. Menjaga kebersihan diri yang paling sederhana, semisal cuci tangan dan membersihkan hidung serta berkumur setelah bepergian pun sangat penting untuk mencegah resiko penularan.
  • Pastikan imunisasi lengkap, pada usia anak-anak. Dan cek kesehatan, serta imunisasi pada pasutri yang akan merencanakan kehamilan. Dengan imunisasi, insyaAllah mencegah berkembangbiaknya penyakit menjadi lebih luas penularannya, dan mempersiapkan seorang calon ibu yang lebih sehat.
  • Makanan yang bergizi seimbang, serta konsumsi makanan secara wajar tak berlebihan. Minum yang cukup dan teratur air minum yang sehat.
  • Berolah raga yang cukup dan teratur. Olah raga yang cukup dan teratur juga membantu badan menjadi sehat. Badan dengan berat dan tinggi yang sehat ideal, tentu system imunnya lebih baik dan peredaran darah lebih lancar.
  • Menghindarkan diri dari penderita, atau sebaiknya mengenakan masker pelindung. Sebisa mungkin tidak ke tempat umum bila tak diperlukan saat sedang musim penyakit.
  • Waspada dengan kondisi diri sendiri. Saat badan kita mulai terasa malas, atau lelah, sebaiknya segera beristirahat, menghindarkan dari makanan yang tidak sehat seperti alcohol dan sebagainya.
Tapi terkadang meskipun telah berusaha, kita juga bisa jatuh sakit. Apa yang perlu kita lakukan untuk meringankan penderita dari sakit batuk pilek yang cukup mengganggu? Kami usahakan:
  • Istirahat yang cukup. Cukup istirahat, sangat membantu pemulihan kesehatan pada penderita flu.
  •  Menghirup uap aroma terapi, sangat membantu penderita.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi, membantu meluruhkan dahak.
  • Makan makanan yang bergizi yang hangat, juga konsumsi cairan yang cukup.hindarkan makanan pedas, bila flu sudah mengarah pada tenggorokan yang meradang.
  • Tinggikan bantal, membantu penderita saat hidungnya mampet.
  • Membersihkan hidung, serta membuang dahak.
  • Semprot hidung dengan cairan saline, membantu membersihkan hidung, serta melembabkan hidung.
  • Pijatandengan Transpulmin BB Balsam (untuk bayi) dan Transpulmin Balsam untuk anak-anak di atas 2 tahun serta dewasa, membantu badan untuk relaksasi, serta memperlancar aliran darah.
  • Mengoleskan Transpulmin BB untuk bayi atau Transpulmin Balsam untuk anak-anak dan dewasa di dada dan punggung. Uap hangat transpulmin membantu melegakan hidung, juga membantu memberikan kehangatan di dada dan di punggung, mengurangi rasa pegal-pegal yang sering muncul saat menderita flu.
  • Menghirup uap transpulmin yang di larutkan pada air panas yang diletakkan di panci plastik, membantu melegakan pernapasan.
Saya mengenal Transpulmin pertama kali sekitar tahun 2007 saat anak pertama saya masih bayi terkena flu. Dokter menyarankan untuk mengoleskan Transpulmin BB di dada dan punggung anak saya. Kemudian berlanjut saya terapkan pada adiknya. Dan memang, Transpulmin BB balsam lebih nyaman untuk bayi karena krimnya lembut, tidak pedas, dan tidak perih di kulit. meninggalkan sensasi hangat, bukan panas. 


Kenapa Transpulmin BB Balsam? Transpulmin BB Balsam lembut baik tekstur, serta aromanya. cocok untuk kulit bayi. Bahan aktif yang terkandung dalam Transpulmin BB Balsam antara lain adalah Eucalyptus Oil dan Ekstrak Bunga Chamomile. Balsamnya tidak lengket, tidak meninggalkan bekas tak nyaman.


Manfaat dari Transpulmin BB Balsam disaat sakit flu antara lain adalah : 
  • Meredakan nyeri punggung
  • Meredakan sakit kepala
  • Meredakan sakit perut
  • Menghangatkan badan.
Dosis penggunaan Transpulmin BB Balsam adalah 2 hingga 4 kali sehari, dioleskan pada dada, punggung, serta leher. Jangan dioleskan pada muka/wajah khususnya pada hidung dan bagian kulit yang sensitif. sebaiknya disimpan di suhu ruang.


Transpulmin BB Balsam ini tersedia di apotek dan toko obat terdekat, juga chain store apotik-apotik Century, Kimia Farma, Guardian, Watsons, dan Boston Pharmacy. 


Transpulmin juga tersedia jenis balsam untuk anak-anak di atas dua tahun dan dewasa. Transpulmin Balsam.  dengan aroma menyegarkan, dan bila dioleskan, terasa hangat dikulit. tidak terasa panas ataupun lengket.



Transpulmin Balsam komposisinya antara lain minyak Eucalyptus, ekstrak bunga Chamomile, menthol, champor, serta minyak sage.



Manfaat dari Transpulmin Balsam antara lain adalah, meredakan nyeri punggung yang menyertai sakit influenza, meredakan sakit kepala, meredakan sakit perut, menghangatkan badan.  Uap dari minyak atsiri yang terkandung dalam balsam ini memberikan efek menyegarkan. 



Manfaatnya didapat saat balsam dioleskan di dada, dan punggung, juga leher. Oleskan 2-4 kali sehari. Jangan dioleskan di area wajah, terutama hidung dan bagian kulit sensitif. Transpulmin Balsam seperti pada penjelasan di atas, bisa juga dilarutkan di air panas, kemudian si penderita menghirup uapnya, membantu melegakan pernapasan. 

Saya juga menyukai Transpulmin Balsam yang saya oleskan di area persendian, mengurangi rasa nyeri atau pegal saat sakit, dan memberikan rasa hangat yang nyaman.

Anak saya, Keen (5 tahun) dan Ola (10 tahun) yang dulu pas bayi pakai Transpulmin BB Balsam pun sekarang sudah memakai Transpulmin Balsam.  Mereka tidak merasa kepanasan dengan Transpulmin Balsam. Aromanya juga lembut, enak dan menyegarkan. Jadi saat sakit, baunya tidak seperti orang sakit, aroma balsam jadul yang disebut anak saya yang besar sebagai bau orang sakit.^_^

Simpan Transpulmin

Kandungan dan manfaat dari bahan-bahan di dalam komposisi Transpulmin antara lain :

  1. Eucalyptol. Dikenal juga sebagai cineole  adalah sejenis eter siklik yang merupakan anggota monoterpenoid. Biasanya dihasilkan dari tumbuhan herbal seperti eucalyptus. Manfaat dari eucalyptol ini adalah, menghambat infeksi dan mengurangi inflamasi.
  2. Chamomile extract memiliki khasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri, antiseptic. Chamomile juga dikenal luas sebagai hypoallergenic, membantu mengurangi iritasi kulit dengan cara menetralisir radikal bebas.
  3. Sage Oil, memiliki manfaat sebagai anti jamur, anti mikroba, anti oksidan, antiseptik, anti inflamasi, anti kejang otot, anti bakteri, mengandung kolagen alami, membantu detoxifikasi, membantu penyembuhan luka. sebagai disinfektan, penurun panas, ekspektoran, serta zat stimulasi.
  4. Menthol, memiliki manfaat menyejukkan kulit sehingga membantu menurunkan demam.
  5. Camphor,  memiliki manfaat mengurangi iritasi kulit, mengurangi rasa gatal, mengurangi nyeri sendi yang menyertai demam.

      Jangan lupa, selalu sediakan transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Balsam di kotak obat, juga di kotak P3K untuk persediaan selama perjalanan kita.
  6.  




5 komentar:

  1. Anakku juga pakai Transpulmin sejak masih bayi mba. Jadinya dlu pakai transpulmin BB. Memang bagus bagus banget untuk anak :)

    BalasHapus
  2. Iya mbk al. Nyaman buat anak2..

    BalasHapus
  3. Transpulmin ini termasuk yang wajib ada di rumah dan saat berpergian. Karena bisa aja waktu berpergian ternyata kondisi anak ga oke dan transpulmin bisa membuat kondisi anak menjadi nyaman kembali. Tips untuk meringankan batuk pileknya beberapa pernah saya lakukan seperti memberi uap, ini sangat melegakan rasanya.

    BalasHapus
  4. Anak-anak paling rentan kalau ga enak badan terutama terserang common cold. Yang penting istirahat cukup dan makan teratur yang hangat2 ya. Aku belum penah coba transpulmin. Tapi setelah baca ulasan mbak, aku jadi yakin nih dengan hasilnya yang optimal. tks for sharing ya :)

    BalasHapus
  5. ini balsem Abang Fi dulu, Mba.. tapi dulu kemasannya cuma putih. Sekarang kuning yaa.. si Adek Fi malah belum pernah cobain transpulmin. ^_^

    BalasHapus