Kamis, 27 Juli 2017

Ayam So Good Geprek Saus Keju



Suka wisata kuliner kah? Saya suka, tapi dompet kurang setuju. Hehehe… makanya, pakai jurus, cicip sekali, abis itu masak sendiri. Hahaha… yup. Jadi ibu kudu hemat dong.

By the way busway any way, tau ayam geprek yang lagi heittzz kan? Kita bisa lho, bikin sendiri. Nggak usah ikutan antri atau nunggu lama. Kalau badan sehat, kita eksekusi sendiri.

Pertama yang kita perlukan adalah memilih ayam potong yang masih segar, sehat, hygenis, dengan harapan nilai gizi yang terkandung masih bagus, dan rasa masakan yang dihasilkan lezat.





Yang saya perlukan ada di ayam potong dada dan paha So Good. Saya mendapatkan daging ayam segar, dari ayam sehat, disembelih secara halal, yang dikelola di peternakan modern yang telah memenuhi standar hygenitas tertentu. Hal itu dibuktikan dengan diterbitkannya NKV atau Nomor Kontrol Veteriner sebagai bukti hygenitas sanitasi peternakan ayam potong So Good. 


Ayam potong So Good dihasilkan dari bibit yang terbaik, dan tidak di suntik hormone. Jadi, hati kita tenang mengonsumsi ayam potong dari SoGood lho. Sudah gitu, ayam potong So Good dijamin kesegarannya hingga tanggal kedaluwarsa tertera. Karena ayam diberlakukan system pembekuan cepat individual atau individual quick system disingkat IQS. Dengan system pembekuan ini, ayam akan dijamin kesegarannya hingga saat akan diolah.


Udah gitu ya, ayam potong So Good itu bersih dari bulu-bulu ayam. Kita nggak rempong lagi kudu ngecek satu-satu, yang bahkan ada bulu bandel bikin sebel dan bikin mood masak jadi kabur menguap entah kemana.xixixi… 


Ayam potong So Good juga bebas dari persendian ayam yang kebiruan, bebas dari ayam yang berlendir (ayam berlendir, ciri ayam sudah tidak layak olah layak makan.), bebas dari ayam yang keabu-abuan (ini juga ciri ayam yang sudah tidak layak olah layak makan).

Daging ayam potong So Good kenyal dan berisi, juga warnanya segar kemerahan. Sebelum mulai mengolah ayam potong So Good, pertama kita harus defrost eh.. lebih tepatnya thawing. Cara apa saja yang bisa digunakan untuk thawing adalah :

  • Rendam kemasan di mangkuk air keran. Setiap 30 menit sekali, air perendam diganti.
  • Bisa juga dilakukan thawing dengan meletakkan kemasan di air keran yang mengalir
  • Anda juga bisa men-thawing dengan microwave. Tapi tak semua orang memiliki microwave.
  • Cara lain yang cukup praktis adalah memindahkan kemasan dari freezer ke kulkas bagian bawah. Tapi cara ini termasuk lama. Jadi bila sudah memastikan besok mau dimasak, pindahkan ayam ke kulkas bagian bawah.



O, iya. Satu tips, bila daging ayam telah di thawing, sebaiknya tidak dibekukan ulang. Nah, supaya tidak mubazir, kita men-thawing daging secukupnya yang diperlukan saja. Sisanya, biarkan tetap di freezer. Cuzz, yuk.. kita mulai siapkan bahan-bahannya :





Ayam So Good Geprek Saus Keju

(untuk 5 porsi)


Bahan-bahan :

5 potong daging ayam potong So Good bagian paha atas atau dada cuci bersih

Minyak goreng yang cukup untuk deep fry



Bahan A :

1 sdm bubuk bawang putih

1/2 sdt bubuk merica

1 sdt (atau sesuai selera) garam



Bahan B :

250 gram tepung bumbu ayam goreng siap pakai

+/- 250 ml air es

1 sendok makan tepung bumbu ayam goreng siap pakai (untuk dicampurkan di air es)



Bahan C :

Keju chedar mudah leleh 2 blok yang ukuran sekitar 180 gram di parut

Air putih/susu UHT 200ml



Bahan D :

15-20 cabe merah. Atau sesuai selera

10 siung bawang putih

Garam sesuai selera

Minyak sedikit untuk menggoreng.







Cara membuat :

1. marinasi/rendam ayam dengan bahan A kurang lebih setengah hari biar mancab meresap


2. Ayam yang telah dimarinasi, di lumuri tepung kering, setelah itu celupkan di larutan 1 sendok makan tepung bumbu ayam goreng siap saji yang telah dilarutkan dalam air es. Kemudian di gulingkan lagi di tepung kering. Remas-remas, lalu tepukkan agar sisa tepung yang tidak menempel bisa terlepas. Bisa dilakukan dua kali bila anda merasa kurang mantab lapisan tepungnya.  Setelah itu simpan di kulkas kurang lebih setengah hari.


3. Goreng ayam potong So Good yang telah terlapisi tepung dengan minyak yang banyak (deep fry) dengan api panas sedang. Goreng hingga kuning keemasan. Sisihkan.


4. Rebus keju chedar mudah leleh yang parut dengan air putih kurleb 200-250ml. masak hingga agak kental.


5. Goreng bawang putih utuh hingga kekuningan dan lunak. Jangan sampai gosong ya. Goreng cabe merah atau bila anda penyuka pedas, boleh diganti cabe rawit. Jangan terlalu lama, supaya cabe menghasilkan sambal yang lezat. Uleg bawang putih dan bawang merah dengan dibubuhi sejumput garam.untuk 1 cobek 2 bawang putih. Cabe terserah selera saja, mau pedas atau tidak pedas. Saya memakai 6 buah cabe merah. Tuangi sedikit minyak goreng panas.


6. Geprek ayam diatas sambal bawang tadi. Kemudian guyur dengan saus keju. Sajikan dengan lalapan kesukaan dan nasi putih hangat yang pulen. Yummy…




Ayam geprek yang dihasilkan lembut dan juicy. Rasa sambal bawang, berpadu dengan ayam goreng yang juicy serta saus keju, memang paduan yang pas lezatnya.


Satu tips lagi untuk menghemat minyak karena harus deep fry, gunakan panci yang tidak terlalu besar, tapi cukup dalam menampung minyak. Sehingga penggunaan minyak goreng tidak terlalu boros.


Gimana? Wanna try? Ola aja bilang enak.  masakan enak, bersumber dari bahan makanan berkualitas terbaik. Makanya aku pilih So Good.


Cek juga Video ini, alasan kenapa harus memilih ayam potong So Good :

 

8 komentar:

  1. Asik juga ya kalau ayam gorengnya dikasih keju. Ah mau mencoba resepnya deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampil kan mbak al. yukk coba. makasih ya kunjunganya

      Hapus
  2. Waaah.. kreatif. Rasanya pasti gurih2 pedas ya, mba. Jajal aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayok mbak ade bikin. biar beda ayam goreng tepungnya. makasih kunjungannya mbak

      Hapus
  3. Mbak kamu buka restoran aja gih! Hehehe enak banget per[paduan sambel gurih dengan keju trus cocol sambel kyk gtu. TFS resepnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk.. udah nyoba ya mbak april. xixixi.. doain ya. btw makasih udah berkunjung.

      Hapus
  4. Pakai saus keju gini jadi pedas gurih ya. Mantap :D

    BalasHapus