Jumat, 19 Mei 2017

Sehat Berstamina dengan Jamu Temulawak

Jaman sekarang, jaman yang dituntut serba cepat, dan waktu pun terasa sempit. Namun, karena kepadatan kendaraan di jalanan, terutama jam-jam sibuk, justru menjadi salah satu penghalang kecepatan yang diperlukan. Badan jadi lebih mudah lelah, hingga ditempat kerja atau sekolah, justru menjadi lunglai. Pekerjaan jadi tidak efisien. Bahkan badan jadi mudah sakit. 

Salah satu solusi adalah minum ramuan penambah stamina. Tapi jangan sembarangan memilih ramuan penambah stamina. Karena beberapa ramuan memang terasa instant di badan langsung terasa segar, namun memiliki efek samping. Saat ini kembali marak untuk kembali ke alam atau back to nature. Salah satunya dengan mengonsumsi jamu penambah stamina. Jamu Temulawak.
sumber foto : farming business indonesia

Temulawak yang dengan nama latin dikenal sebagai curcuma xanthorriza, adalah herbal rimpang dengan segudang manfaat dengan warna hampir serupa kunyit. Tanaman yang sepintas mirip dengan tanaman kunyit dan lengkuas ini merupakan tanaman herbal asli Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Kemudian tanaman ini menyebar ke Malaysia, Thailand, Filipina, Cina, Indocina, Barbados, India, Jepang, Korea, Amerika Serikat, serta beberapa negara di Benua Eropa. 



Tanaman tamulawak ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang gembur dan subur, pada kisaran dataran rendah hingga ketinggian 1500meter dpl, serta pada hutan-hutan tropis. Secara tradisional, masyarakat Jawa banyak menggunakan temulawak sebagai jamu untuk menambah nafsu makan pada anak-anak serta jamu penambah stamina pada orang dewasa.

Apa sih kandungan dari rimpang temulawak itu? Kandungan temulawak itu antara lain protein, karbohidrat, serta minyak atsiri antara lain kamfer, glucosida, tumerol, dan kurkumin. Kurkumin sendiri bermanfaat sebagai anti peradangan sehingga dapat mengobati rematik, juga berperan dalam pengobatan sakit maag, serta anti keracunan empedu. 

Selain itu, temulawak bermanfaat juga sebagai hepatoprotector atau pencegah penyakit hati, serta mampu menurunkan kadar kolesterol, juga sebagai pelancar asi pada ibu menyusui.Manfaat lain dari temulawak adalah sebagai jamu bagi penderita anemia, anti oksidan, pencegah kanker, serta meningkatkan kesehatan ginjal, juga mempercantik kulit.Segudang manfaat dari temulawak itu dapat diperoleh dengan konsumsi temulawak secara rutin dan cukup, atau tidak berlebihan.

Salah satu resep simple jamu penambah stamina adalah sebagai berikut:
ilustrasi oleh anik

Siapkan rimpang temulawak kira-kira satu genggam. Kupas dan cuci bersih.lalu iris tipis-tipis. Siapkan rimpang kencur kira-kira 4 butir. Kupas lalu cuci bersih dan iris tipis.
Siapkan asam jawa yang telah dibersihkan bijinya kira-kira satu sendok teh.
ilustrasi oleh anik

Siapkan gula aren secukupnya, bisa diganti dengan madu sebagai pemanis.
Siapkan sehelai daun pandan, cuci bersih kemudian disimpul.
Air kurang lebih 250 ml.
Sangrai temulawak yang sudah di kupas dan iris tipis tadi bersama kencur.
ilustrasi oleh anik

Haluskan bersama semua bahan kecuali gula aren dan daun pandan.
ilustrasi oleh anik

Rebus air dan daun pandan serta gula aren serta bahan-bahan yang telah di haluskan. Bila tidak memakai madu. Bila memakai madu, masukkan madu saat akan diminum.
ilustrasi oleh anik

Setelah mendidih dan air jadi 200ml, saring. Beri madu bila tidak memakai gula aren. Aduk rata. Siap di sajikan.
ilustrasi oleh anik

Tapi buat saya, seorang ibu dua anak yang lumayan repot kegiatannya, membuat jamu seperti itu sangat menyita waktu. Padahal jamu temulawak itu sangat dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga. Apalagi bila ada order foto atau kue. Butuh stamina lebih, tapi taka da waktu untuk meracik jamu.

tinggal tuang dan aduk

 Dan anak-anak saya pun membutuhkan jamu temulawak yang enak untuk menambah nafsu makan, serta menambah stamina untuk bermain dan belajar giat. Tau sendiri kan beratnya beban anak sekolah jaman sekarang.
Sari Temulawak Herbdrink siap dinikmati dingin. segar

Untung jaman sekarang jaman teknologi maju dan serba cepat ini, ada solusi minum jamu yang praktis serta rasanya enak. Sari Temulawak Herbadrink dari Konimex ini, merupakan jamu instant. Eh, jangan takut dulu sama kalimat instant, instant disini karena tinggal dicampur dengan air panas, atau air dingin, aduk lalu minum. 

karena rasanya enak, anak-anak pun suka
Pengolahan jamu Sari Temulawak Herbadrink ini berteknologi modern berbasis resep tradisional. Jadi tanpa penambahan bahan kimia berbahaya, atau pengawet serta tanpa pewarna buatan. Seduh saja satu sachet Sari Temulawak Herbadrink dengan air hangat, panas, atau dingin, sesuai selera, sebanyak 150ml kurang lebihnya. Aduk, dan sajikan. Rasanya enak dan segar, berbau jamu segar, anak-anak saya pun menyukainya, tanpa muka yang dilipat-lipat saat meminumnya. Tersedia juga yang varian sugar free.


4 komentar:

  1. Wah liat racikannya mba Anik pengennya langsung konsumsi sari temulawak, mba. Apalagi kalau rasanya enak dan menyehatkan. MAu dong mbaaaaa. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ini jamu praktis banget mbk al. Makasih ya.. yuk.. kapan2 cicipin di rumahku.

      Hapus
  2. aaaakkkk bagus bangeeeet gambarnyaaaaa

    BalasHapus