Selasa, 29 Maret 2016

UNBAKED 'BAKED' POTATO WITH BROCOLLI N CHEESE

Pengen bikin baked potato yang di kasi braise- an brocolli trus diguyur saus keju yang lembut nan ngeju tapi nggak punya oven dan nggak punya happy call? dunwuri bi hepih. Pakai saja resep ini.



Resep yang bermula dan berasal dari kemalasan saya pakai oven. Repot kudu manasin, nyingkirin barang-barang plastik yang hobynya nongkrong di atas oven. (nongkrong di atas oven. yang kerenan dikit napah.. di jembatan. eh....). intinya memang lagi irit tenaga dah. (udah gendut, masih ngitung-itung irit tenaga??? bakar lemak napah!)

Ahh.. sudahlah..saya terlalu panjang kali lebar. Ini dia resep adaptasi dari resepnya Chef Yudha Bustara.



Unbaked 'Baked' Potato With Brocolli and Cheese

Bahan-bahan:

4 buah Kentang tess ukuran sedang
1 batang Brocolli potong perkuntum
garam secukupnya untuk merebus kentang dan brocolli.
sedikit keju chedar parut.

Bahan saus keju:
90 gram +/- Keju chedar merah parut
300ml +/- susu UHT
2 sdm tepung trigu protein sedang
2 sdm mentega
garam sejumput
lada bubuk sejumput.

Cara buat:
- Cuci bersih kentang. bila perlu sikat kulitnya hingga bersih dibawah air mengalir. kemudian rebus bersama sejumput garam hingga lunak. Setelah lunak tiriskan, lap agar kulitnya kering. belah 4 bagian atasnya saja/jangan sampai putus, lalu pegang di 4 penjuru belahan dan rekahkan dengan cara ditekan perlahan.

-Cuci bersih brocolli. rebus dengan sejumput garam hingga lunak. jangan terlalu lunak, nggak enak. Kemudian saring dan segera masukkan ke dalam air dingin/es supaya tetap berwarna hijau segar. sisihkan.

-Panaskan mentega hingga leleh, masukkan tepung trigu dan aduk-aduk hingga aromanya sedap mirip kue matang. Segera setelah itu masukkan susu, masukkan garam dan lada bubuk lalu aduk-aduk merata. segera setelah susu mulai panas dan meletup-letup tepiannya masukkan keju parutnya, matikan api. aduk2 keju hingga merata. kemudian saring saus keju agar sausnya halus tidak bergerindil. sisihkan.

-Penataan. siapkan wadah apa saja terserah. bila mau berkesan abis dipanggang, bisa memakai aluvoil seperti saya, atau bisa juga memakai mangkuk ramekin oval. letakkan kentang panggang abal-abalnya. Tata brocolli rebus di sela-sela rekahan kentang, kemudian siram saus kejunya. setelah itu baru taburi dengan keju chedar biasa yang diparut. segera sajikan. insyaallah yummy...


Gimana? mudah bangettt kan?? Yuk bikin yuk... cuss cari bahan trus dieksekusi. karbohidrat, ada. serat dan mineral ada. protein dan lemak. ada. cuco buat anak2. o iya. kulit kentang bisa dimamam kok. dia kaya dengan zat besi. pokoknya cuzz lah bikin.


8 komentar:

  1. cateeeettt...*catet doang tapi*

    BalasHapus
  2. ah mbak puji. buat mbak puji mah ini easy peasy.:) makasih ya mbak udah mampir.

    BalasHapus
  3. kreatif Mbak nich, aku sejak punya anak kedua malah mati gaya kalau untuk masak. Tapi resep ini emang mudah dan bergizi sekali ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak astin, makasih mbak mampir. iya nih. mudah dan enak. anak-anak suka

      Hapus
  4. Waaah nggak dipanggang ya? Ini kesukaan anak2, biasanya beli di resto cepat saji. Tp terakhir beli tambah muihil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak nggak dipanggang. yukk bikin sendiri. murmer puas. insyaallah mirip deh rasanya

      Hapus
  5. Balasan
    1. mbak susi, insyaallah yummy... ayo dicoba

      Hapus