Senin, 28 Maret 2016

ONTBIJKOEK Surprise Cake Jadul Warisan Kelezatan

Biasanya di hari ultah suami atau anak-anakku aku membuatkan surprise party kecil. Hanya untuk keluarga kecil kami saja. Senang rasanya melihat binar bahagia dimata mereka. Bukan hanya yang berulang tahun. Namun semua pasti senang, makan bersama cake buatan mamanya. Lebih sering sponge cake biasa yang kuhias dengan butter cream. untuk anak-anak biasa kubuatkan cupcake.

Namun kali ini saat ulang tahun suamiku, aku ingin membuatkan sesuatu yang memiliki ikatan dengan kenangan masa kecilnya. kue Ontbijkoek yang dulu dia kenal semasa kecil. Selain itu pengen aja mengurangi lemak dari butter cream. Dan menurutku, kue Ontbijkoek merupakan sebuah goodness from heritage. Warisan kelezatan. harumnya aroma spekoek yang merupakan campuran rempah-rempah kekayaan Indonesia, menyertai kelembutan kue ini. Gurihnya biji-biji kenari menambah kekayaan rasa dari kue Ontbijkoek ini. dan rasanya puas setelah mencoba membuat sendiri.

kali ini saya menemukan resep Ontbijkoek yang pas sesuai selera saya dari sebuah situs memasak yaitu situs ini: http://pakaroti.com/recipe/detail/ontbijtkoek-kenari . Saya suka sekali dengan situs ini. Disini tak hanya diberikan resep, namun juga perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sebuah kue. dilengkapi juga tips-tips dari pakar baker profesional.



Ada beberapa menu penting yang sangat berguna bagi para pembaca.
1. Menu Bakerstrend

Menu bakers trend pada situs pakaroti
Pembaca situs dapat menemukan trend per-baking-an, semisal kue kering apa atau cake apa yang saat ini menjadi trend- atau lagi diminati konsumen pada umumnya. Selain itu pembaca juga disuguhi berita terkini tentang dunia baking. Bazar atau acara-acara masak memasak, event-event masak, lomba dan sebagainya. sub menu yang lain yaitu video, dan perkiraan harga bahan (material price) terkini.

2. Menu Bakers Product.
menu bakerproduct pada situs pakaroti
Pembaca mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang produk-produk bakery. Jenisnya lengkap, dari produk white bread, sweet bread, puff, danish, biscuit dan sebagainya.  Lengkap dengan definisi apakah itu yang dinamakan white bread, sweet bread, puff pastry dan sebagainya. Juga dilengkapi dengan keterangan bahan-bahan pembuatnya dan tentu saja tak ketinggalan resepnya.

3. Menu Bakerspedia
 menu bakerspedia pada situs pakaroti
Pada menu ini terdapat beberapa sub menu antara lain sub menu material encyclopedia yaitu pengenalan material atau bahan. Material atau bahan dalam hal ini tentu saja material membuat kue/masakan. Apa saja jenis bahan-bahan pembuat suatu makanan, lengkap dengan foto bahan dan juga definisinya. Dari berjenis-jenis margarin dengan kegunaannya yang berbeda, berjenis-jenis tepung dengan kegunaan yang berbeda juga. biji-bijian, selai, rempah-rempah dan sebagainya.

Di menu ini juga dilengkapi koleksi resep dasar dan resep-resep pengembangan dari resep dasar. Ingin tau konversi ukuran, kalkulasi biaya, jenis bahan mentah dasar bakery, mesin bakery dan alat-alat yang dibutuhkan juga dijelaskan di menu ini.

4. Menu Bakerspreneur
menu bakerpreneur pada situs pakaroti
Menu ini asyik bangetttt... banyak pelajaran bagi yang ingin memulai sebuah usaha bakery. Mulai pelajaran tentang pengenalan jenis bakery yang akan dijalankan, skill apa saja yang dibutuhkan dalam mendirikan sebuah bakery (berlaku sekala besar atau kecil), modal awal usaha kira-kira yang dibutuhkan, jenis seni bakery yang sedang berkembang, managerial umum sebuah bakery dan membuat list distributor.

Pokoknya nih situs asyik banget deh. kumplit-plitt... pas lah taglinenya situs ini "one stop solution for bakery business" jempol.

Eh.. iya. balik lagi ya ke cerita kue Ontbijkoek buatanku. ini dia resep yang aku dapat dari situs pakaroti.com


Ontbijkoek Kenari


Bahan-bahan :


Bahan A

Bahan B

Bahan C

Bahan D

Cara Membuat

1. Kocok bahan A sampai mengembang dan kental, lalu masukan bahan B sambil dikocok rata.
2. Lalu tambahkan bahan C, aduk rata. (dengan teknik aduk balik/folding technique). Tuang adonan pada loyang tuban Ø   24 cm dan atasnya diberi kenari.
3. Panggang dalam oven bersuhu ±180°C, selama ±45 menit (aku panggang dengan api atas dan bawah, kemudian setelah permukaan mulai kecoklatan, aku memakai api bawah saja, biar matang merata. o, iya oven yang kupakai otrik alias oven listrik)




Alhamdulillah... adonan bisa berubah menjadi kue yang cantik dengan sukses. hehehe.... dan alhamdulillah suamiku serta anak-anakku menyukai. o, iya kue ku foto setelah diiris suamiku tentu saja. Jadi foto kue ontbijkoek utuh gak ada. Nunggu pesta kejutan. Ini juga setelah di foto di potek lagi sama Keen anakku yang udah nggak sabar nunggu buat ngabisin kue harum warisan kelezatan.




 #WarisanKelezatan #GoodnessFromHeritage dan #PalmboomCakeMargarin

19 komentar:

  1. Pengen tetanggaan sama Mbak Aniiik biar bisa icip2 kue buatannya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk... ntar aku minta diajarin ngeblog ama mbak niar. makasih udah nengok mbak.

      Hapus
    2. Barter? Hihi boleeeh ;)

      Hapus
  2. Kapan yah main lagi ke rumah mba Anik buat icip kuenya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih. pengen main lagi sama mbak ela, mbak eni, mbak santy dll.. belum jadi2 mulu ya. kangen nih.

      Hapus
  3. Terbayang aroma rempahnya, Mbak. Masuk daftar bebikinan aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyikkk... YKB mbak. yuk kita bikin.makasih ya mbak dyah udah mau mampir. kiss kis...

      Hapus
  4. Balasan
    1. mbak wiek... hasek... dikunjungin. ayuk maem... monggo dikedipi. :D. makasi udah mampir mbak say

      Hapus
  5. Mbak Aniiiik... kalau sy ke Jakarta bikinin yaaaa... Mau beli speakuk ah gara2 ngiler baca ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah mbak yanti. mampirlah ke rumahku. makasih ya sementara udah mampir ke blog. kis.kiss

      Hapus
  6. haaah ngiler saya dibuatnya...nama kuenya "londo" banget yo mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak kayaknya akarnya belanda deh. makasih mbak dwi udah mampir

      Hapus
  7. Wihii.. mau ah cobain resepnya mba. Mumpung lagi rajin bikib kue di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk mak dieksekusi. Gurih manis harum. Makasih mampirnya mak.

      Hapus
  8. Lidahku ngga bs nyebut namanya. Tapi kalau nyicip bisa lho, Mba. Wkwkk... Boomark dulu. Kapan2 coba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg nyebutnya onbikuk mbk temanku. Aku sendiri ikutan aja bacanya. Hihihi.. sipp.. monggo dicoba

      Hapus
  9. Bisa dicoba resepnya.. pdhal akunya jarang masakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak dicoba. Semoga sukses. Makasih ya mbk udah mampir

      Hapus