Selasa, 29 Mei 2012

Pentingnya Perencanaan dalam Kehidupan Keluarga Kami


Terkadang, ada orang yang dalam menjalani kehidupannya ingin mengalir begitu saja. Tak memusingkan diri dengan rencana-rencana. Tapi, hari gini hidup tanpa rencana, bisa saja berarti bencana. Rencana sesimple apapun, sangat diperlukan di kehidupan masa kini. Terutama rencana financial. Contoh paling sederhana dalam hidupku sebagai ibu rumah tangga adalah, mengatur uang belanja yang minimalis sehingga cukup untuk dialokasikan selama sebulan penuh. Itu adalah rencana financial paling simple. Dan yang telah memiliki rencana dalam belanja ini pun, bisa dibuat gonjang-ganjing serta kocar-kacir, bila ditimpa masalah semacam kenaikan harga bahan bakar minyak yang tentu saja berimbas pada rencana belanja sebulan. Dan menurut saya, alangkah baiknya seorang ibu rumah tangga menyediakan rencana cadangan berupa alokasi dana cadangan untuk hal semacam ini. Soalnya, sekarang sering banget sih harga-harga nggak stabil. Bila kebetulan dana cadangan tak terpakai, kan lumayan, bisa dialihkan sebagai tabungan.

Selain perencanaan belanja sebulan, yang paling perlu dan penting dipikirkan adalah rencana masa depan berupa perencanaan dana kesehatan, serta pendidikan anak. Dua hal ini mutlak perlu perencanaan. Dan pada keluarga saya, hal ini sangat terkait dengan adanya solusi perbankan serta asuransi. Kebetulan kantor suami telah menjaminkan dana kesehatan karyawan dengan adanya asuransi dengan plafon yang lumayan mencukupi serta jaringan rumah sakit provider yang luas, hampir di seluruh Indonesia. Kami juga membuat rencana cadangan, dengan mengikuti asuransi lain.

Naura buah hati kami
Untuk pendidikan anak, kami membuat perencanaan berupa tabungan pendidikan berjangka, serta membuka akun asuransi. Pada masa sekarang, sungguh mengerikan bila kita tak mempunyai tabungan atau asuransi pendidikan. Karena sungguh mahal biaya pendidikan jaman sekarang. Sungguh berbeda saat saya masih berkuliah dulu. Dengan harga murah dan terjangkau kantong orang tua saya yang PNS, masih berkesempatan mendapatkan bea siswa pula. Saat ini ada keinginan untuk melakukan tabungan berupa logam mulia juga.


rumah mungil kami
Untuk kepemilikan papan atau rumah, alhamdulillah. Kami akhirnya bisa beralih mengalokasikan dana kontrak rumah pada kredit cicilan rumah. Rasanya sayang mengeluarkan uang untuk kontrak rumah tapi kami tak pernah memilikinya. Beda bila kami alokasikan dana tersebut untuk kredit kepemilikan rumah. Meski mungil, tapi alhamdulillah tak lagi mengontrak. Semoga kami bisa melunasi. Dalam hal inipun, kami tak lepas dari solusi perbankan serta asuransi. Karena kredit kepemilikan rumah kami pun dilindungi dengan asuransi juga.

Sepertinya, kehidupan kami atau orang-orang masa kini memang tak bisa/sulit terpisah dari kegiatan perencanaan. Dan utamanya perencanaan keuangan yang melibatkan institusi financial, baik perbankan maupun asuransi.

Kepemilikan kartu kredit pun bagi kami sangat membantu. salah satu produk perbankan yang asal kita mengerti cara pemakaian yang tepat bisa sangat membantu kita. Asal kita selalu ingat, bahwa kartu kredit adalah kartu hutang, yang harus segera dilunasi sebelum jatuh tempo, agar kita tak terbelit hutang berupa bunga ataupun bunga berbunga.

Saat hendak mengajukan kartu kredit pun, kita harus memiliki rencana. Semisal, apakah memang diperlukan, kemudian menilik kesehatan financial kita, apakah kita mampu melakukan pembelian kredit melalui kartu kredit tersebut, apakah bisa mengubah transaksi tersebut menjadi transaksi cicilan kredit, apakah kita mampu melunasi sebelum jatuh tempo dan sebagainya.

Memanfaatkan fasilitas kartu kredit tanpa iuran tahunan atau pembayaran iuran tahunan dengan memanfaatkan poin yang diperoleh, memanfaatkan cicilan ringan ataupun cicilan dengan bunga nol persen, merupakan salah satu fasilitas dari kartu kredit yang kami pakai. Juga tentu saja memanfaatkan poin yang diperoleh dari pembelanjaan kartu kredit yang bisa ditukar dengan bermacam produk.

Dan saat bertugas ke luar negeri sementara mata uang asing belum di tangan, sedangkan kita sangat perlu melakukan pembayaran, penggunaan kartu kredit-terutama yang memiliki jaringan internasional- juga sangat membantu. Tapi kembali lagi, kita harus ingat dengan tenggat pelunasannya.

Dan produk perbankan serta asuransi masa kinipun makin banyak variasinya dengan fitur-fitur yang makin mempermudah nasabah. Semakin meluasnya cabang-cabang institusi perbankkan, semakin meluasnya jaringan ATM, juga fitur perbankkan canggih semisal phone banking, sms banking, serta e-banking yang mendukung kemudahan bertransaksi. Salah satu institusi perbankkan swasta nasional yang memiliki jaringan kuat serta luas, dan layanan perbankan yang beraneka ragam adalah Bank Central Asia (www.bca.co.id)

Makin banyak pilihannya pula. Ada industri perbankan serta asuransi konvensional, ada pula industri perbankan serta asuransi syariah. Orang bebas memilih sesuai kehendak, baik kehendak secara rasional, maupun secara hati, kemantapan dalam menyempurnakan menjalankan kehidupan beragamanya. Dengan perbankan maupun asuransi syariah, mereka menjalankan transaksinya dengan system bagi hasil. Jadi bagi umat islam lebih syar’i.

Terbaru dalam list perencanaan keluarga kami yang sangat terkait dengan bantuan layanan perbankan adalah kredit kepemilikan mobil yang rencananya sangat ingin kami wujudkan dalam waktu dekat. Ah, semoga Tuhan mengabulkan keinginan kami.
Demikianlah sebagian bentuk rencana financial keluarga kami. Tentu saja kami selalu mencari informasi lain yang membantu keadaan financial kami hingga nanti suatu saat kami bercita-cita mencapai kehidupan dengan kebebasan financial. 

blog ini diikut sertakan dalam blog competition di :


6 komentar:

  1. Kereeeen. Semoga menang ya, mbak :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. mbak ikha.aamiin.mugi menang njih.hehehe...lha masa berat sih?ntu bahasa awam kok.:D

      Hapus
  3. ini bahasa artikel banget neh:) moga menang ya mba.....

    BalasHapus